Hasil Copa America 2024: Panama Lolos ke Perempat Final usai Gilas Bolivia 3-1

Marcelo Suarez dari Bolivia, atas, dan Edgar Barcenas dari Panama berebut bola
Sumber :
  • AP Photo/John Raoux

Amerika Serikat – Timnas Panama menunjukkan keperkasaan mereka usai mengilas Timnas Bolivia 3-1 dalam laga terakhir Grup C di Inter & Co Stadium, Orlando, Florida, Amerika Serikat, Selasa 2 Juli 2024 pagi WIB.

Hasil Copa America 2024: Uruguay ke Perempat Final, Tuan Rumah Amerika Serikat Tersingkir

Tiga gol Los Canaleros (Orang Kanal) dihasilkan oleh Jose Fajardo, Eduardo Guerrero dan Cesar Yanis. Kemenangan ini membuat Panama menempati posisi kedua Grup C menggeser Amerika Serikat, sekaligus memastikan diri lolos ke babak delapan besar Copa America 2024.

Babak pertama

Viral Momen Lionel Messi Disorot Banyak Kamera, Ini Bukan Pertama Kalinya

Jose Fajardo dari Panama, kanan, merayakan gol pembuka timnya ke gawang Bolivia

Photo :
  • AP Photo/John Raoux

Sejak menit awal pertandingan dominasi Panama di atas lapangan cukup terlihat. Pada menit keenam, mereka langsung mendapat peluang lewat tandukan Jose Fajardo. Beruntung, bola dapat diantisipasi kiper Bolivia, Guillermo Viscarra.

Hamas: Dermaga Buatan AS di Gaza Hanya Pertunjukan Politik untuk Selamatkan Muka

Gempuran yang terus diberikan Panama ke lini pertahanan Bolivia akhirnya berbuah gol pada menit ke-22. Jose Fajardo yang mendapatkan umpan dari Cristian Martinez langsung menendang bola ke sudut kanan atas gawang Viscarra.

Hingga menit akhir babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Panama.

Babak kedua

Eric Davis dari Panama, depan, dan Jose Cordoba merayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/John Raoux

Memasuki babak kedua, Bolivia mencoba membangun serangan. Namun tendangan keras Ramiro Vaca di menit ke-48 masih dapat dihalau Mosquera.

Usaha Bolivia untuk menyamakan kedudukan berbuah manis pada menit ke-69. Umpan terobosan Ramiro Vaca berhasil dimanfaatkan Bruno Miranda yang lolos dari jebakan offside.

Sayangnya, skor imbang tidak bertahan lama. Kiper Bolivia kembali harus memungut bola dari gawangnya usai umpan silang Eric Davis berhasil ditanduk Eduardo Guerrero di menit ke-78.

Bolivia terus mencoba bangkit dari serangan, namun usaha anak-anak asuh Antonio Carlos Zago itu selalu berhasil dipatahkan lini pertahanan Panama.

Alhasil di menit tambahan, Panama justru kembali memperlebar keunggulan menjadi 3-1 berkat gol Cesar Yanis yang mendapat ruang tembak di kotak penalti pada menit 90+5.

Hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan, skor 3-1 tidak berubah. Hasil ini membuat Panama memastikan diri lolos ke babak delapan besar Copa America 2024 dengan 6 poin, mendampingi Timnas Uruguay sebagai juara Grup C.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya