Hasil Copa America 2024: Uruguay ke Perempat Final, Tuan Rumah Amerika Serikat Tersingkir

Pemain Timnas Uruguay
Sumber :
  • AP Photo/Reed Hoffman

Amerika Serikat – Harapan Timnas Amerika Serikat melangkah ke perempat final Copa America 2024 pupus, usai kalah 0-1 dari Timnas Uruguay dalam laga terakhir Grup C di Stadion Arrowhead, Kansas Selasa, 2 Juli 2024 pagi WIB.

Viral Momen Lionel Messi Disorot Banyak Kamera, Ini Bukan Pertama Kalinya

Mimpi buruk bagi tim tuan rumah terjadi di babak kedua, setelah bek kiri Napoli, Mathias Olivera berhasil menciptakan gol satu-satunya dalam pertandingan ini.

Babak pertama

Hamas: Dermaga Buatan AS di Gaza Hanya Pertunjukan Politik untuk Selamatkan Muka

Pemain Uruguay merayakan gol Mathias Olivera ke gawang Amerika Serikat

Photo :
  • AP Photo /Ed Zurga

Sejak pertandingan dimulai, baik Amerika Serikat maupun Uruguay tampil ngotot. Bahkan, tidak jarang para pemain terlibat duel fisik hingga laga harus terhenti beberapa kali.

Daftar Terbaru Pengiriman Senjata, AS Kirim 10.000 Bom ke Israel

Uruguay sejatinya dapat unggul di babak pertama seandainya umpan silang, Nahitan Nandez ke Darwin Nunez pada menit ke-32 tidak membentur kaki bek Amerika, Tim Ream.

Hingga akhir babak pertama skor 0-0 bertahan. Tercatat Uruguay mampu menghasilkan 4 tembakan ke gawang. Adapun, Amerika Serikat hanya mendapatkan satu peluang.

Babak kedua

Pada babak kedua, kedua tim mulai meningkatkan intensitas serangan. Sejumlah pemain pengganti mulai dimasukkan untuk penyegaran.

Namun, pada menit ke-66 Uruguay berhasi merubah skor menjadi 1-0 melalui kaki Mathias Olivera yang berhasil lolos dari pengawalan.

Reaksi Antonee Robinson dari Amerika Serikat usai kalah 0-1 melawan Uruguay

Photo :
  • AP Photo/Reed Hoffman

Gol bermula dari tendangan bebas De La Cruz, kemudian bola ditanduk Ronald Araujo ke arah gawang. Kiper Amerika, Matthew Turner berhasil menepis bola, namun bola mendarat di kaki Oliviera yang berdiri bebas.

Berusaha menyamakan kedudukan, Amerika Serikat coba membalas pada menit ke-75. Berawal dari blunder kiper Uruguay, Sergio Rochet, kapten Amerika, Pulisic mendapatkan peluang emas di mulut gawang yang terbuka lebar. Namun, sepakannya dapat dihalau Manuel Ugarte.

Hingga wasit meniup peluit panjang akhir pertandingan, skor 1-0 untuk keunggulan Uruguay atas Amerika Serikat tidak berubah.

Skor ini membuat Uruguay menjadi juara Grup C dengan sembilan poin dan memastikan diri lolos ke babak delapan besar. Sementara Amerika Serikat gagal lolos lantaran ada di posisi ketiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya