Hasil Copa America 2024: Ditahan Imbang Ekuador, Meksiko Gagal Lolos ke Perempat Final

Reaksi pemain Meksiko Jordi Cortizo usai gagal ke perempat final Copa America
Sumber :
  • AP Photo/Matt York

Amerika Serikat – Harapan Timnas Meksiko melangkah ke perempat final Copa America 2024 pupus, usai ditahan imbang 0-0 Timnas Ekuador dalam laga terakhir Grup B di Stadion State Farm Senin, 1 Juli 2024 pagi WIB.

Hasil Pertandingan Copa America 2024, Venezuela Cukur Jamaika 3-0

Dalam laga tersebut, sebetulnya Meksiko dan Ekuador memiliki peluang lolos ke 8 besar Copa America 2024 berbekal tiga poin dari dua laga yang sudah mereka mainkan.

Hasilnya, Ekuador keluar sebagai runner up Grup B mendampingi Timnas Venezuela ke perempat final lantaran unggul selisih gol dari Meksiko.

Gendong Argentina ke Perempatfinal, Lautaro Martinez Jadi Top Skor Sementara Copa America 2024

Babak pertama

Enner Valencia dari Ekuador, tengah, dan Johan Vasquez dari Meksiko berebut bola

Photo :
  • AP Photo/Rick Scuteri
Hasil Copa America 2024 Kanada Vs Chile: Ditahan Imbang, Kanada Temani Argentina ke Perempatfinal

Memasuki awal pertandingan kedua tim, baik Meksiko dan Ekuador tampil saling berbalas serangan. Namun tidak ada gol yang tercipta.

Peluang emas didapatkan Ekuador di menit ke-18. Tendangan melengkung Kendry Paez langsung mengarah ke gawang Meksiko, beruntung bola dapat ditepis kiper Julio Jose Gonzalez.

Meksiko sebetulnya dapat mencetak gol jika sundulan Cesar Huerta dan Santiago Gimenez tidak melambung dari mistar gawang Ekuador. Hasil 0-0 tidak berubah sampai babak pertama usai.

Babak kedua

Gerardo Arteaga dari Meksiko, kiri, dan Moises Caicedo dari Ekuador berebut bola

Photo :
  • AP Photo/Rick Scuteri

Memasuki babak kedua, Meksiko terus berusaha menggempur pertahanan Ekuador. Namun, upaya mereka selalu dapat dipatahkan Enner Valencia dan kawan-kawan.

Peluang emas Meksiko didapat pada menit ke-65. Tembakan jarak jauh Julian Quinones langsung menusuk ke arah gawang Ekuador, beruntung kiper A. Dominguez Carabali dapat menepisnya.

Tidak sampai di situ, bola hasil tepisan kiper Carabali jatuh dikaki, Alexis Vega yang berdiri bebas di kotak penalti, sayang tembakannya membentur tiang gawang sisi kiri.

Memasuki menit akhir, Enner Valencia mendapatkan dua peluang emas. Sayangnya, usaha pertama dapat ditepis kiper Meksiko dan usaha kedua melebar tipis dari tiang gawang.

Drama terjadi pada menit ke 90+7, ketika pemain Meksiko Guillermo Martinez terjatuh di kotak penalti saat berduel dengan Felix Torres. Wasit sempat menganggap itu pelanggaran dan menghadiahi Meksiko penalti.

Namun, setelah tim VAR menyarankan wasit meninjau ulang pelanggaran tersebut. Hadiah penalti untuk Meksiko dianulir. Tak lama setelah itu, pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Ekuador lolos ke babak 8 besar sebagai runner up Grup B dengan empat poin sama dengan Meksiko. Bedanya, Ekuador memiliki selisih gol lebih baik dibanding Meksiko.

Ekuador akan menghadapi juara Grup A, Argentina di perempat final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya