AFC Denda Cristiano Ronaldo Jelang Laga Portugal Vs Slovenia di Babak 16 Besar Euro 2024

Pemain Timnas Georgia Khvicha Kvaratskhelia bersama Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

Jakarta – Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) memberikan sanksi kepada kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, jelang mentas di babak 16 besar Euro 2024 melawan Slovenia. Mereka mendenda peraih lima kali Ballon d’Or itu sebesar 15 ribu US Dollar (sekitar Rp245 juta) menurut laporan Sportskeeda.

Tanggapan Julian Nagelsmann Kepada Pelatih Denmark yang Protes Usai Dikalahkan Jerman di Euro 2024

Hukuman tersebut merupakan dampak dari Liga Champions Asia 2023-2024 Maret lalu. Ronaldo disebut melanggar aturan karena mengenakan jenama dagang pihak ketiga yang ternyata bukan sponsor di turnamen bergengsi antarklub Asia itu.

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Photo :
  • AP Photo/Luis Vieira
Timnas Italia Tersingkir di Babak 16 Besar Euro 2024, Kutukan Gelar Juara Berlanjut

Momen itu terjadi ketika Ronaldo menghadiri acara konferensi pers Al Nassr FC melawan Al Ain di babak perempatfinal Liga Champions Asia 2023-2024. AFC juga melayangkan peringatan kepada pemain berusia 39 tahun itu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan tidak segan untuk memberi hukuman lebih berat jika tak dipatuhi.

Pada laga tersebut, Ronaldo pun gagal membawa Al Nassr melangkah lebih jauh. Mereka dibekuk Al Ain 1-3 lewat adu penalti setelah bermain imbang 4-4 dalam laga agregat.

Seorang Pria Nekat Naik Atap Stadion di Laga Euro 2024 Jerman Vs Denmark Tadi Malam

“Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mendenda Cristiano Ronaldo karena pelanggaran aturan selama konferensi pers sebelum pertandingan Liga Champions AFC,” tulis laporan Sportskeeda, dipetik Minggu 30 Juni 2024.

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Photo :
  • AP Photo/Michael Probst

Sebagaimana diketahui, saat ini Ronaldo tengah berkarier di klub Asia, Al Nassr FC. Dia telah mencatatkan 58 gol dan 15 assist dari 64 caps bersama klub asal Arab Saudi itu.

Ini sebabnya Ronaldo bersinggungan dengan AFC. Sementara itu, kabar mengenai hukuman AFC juga belakangan ramai di kalangan pencinta sepak bola Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan dua pemain Skuad Garuda, Justin Hubner dan Ivar Jenner didenda oleh konfederasi sepak bola tertinggi Asia itu dengan total keseluruhan hampir Rp300 juta. Shin disanksi karena mengkritik hasil pertandingan di konferensi pers saat Piala Asia U-23 2024 sedangkan Justin dan Ivar akibat postingan mereka di sosial media.

Terlepas dari itu, denda Ronaldo sendiri dilaporkan akan dibayarkan oleh pihak federasi Portugal melansir dari sumber yang sama. Sekarang eks penggawa Real Madrid itu tengah fokus mempersiapkan diri menatap laga babak 16 besar Euro 2024 melawan Slovenia pada Selasa 2 Juli 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya