Tanggapan Julian Nagelsmann Kepada Pelatih Denmark yang Protes Usai Dikalahkan Jerman di Euro 2024

Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann
Sumber :
  • AP Photo/Matthias Schrader, File

Jerman – Pertandingan babak 16 besar Euro 2024 antara Timnas Jerman melawan Denmark meninggalkan kontroversi. Kemenangan Panzer-julukan Jerman- dinilai tak lepas dari hasil keputusan wasit yang kurang pas bagi Denmark.

Hasil Sementara 16 Besar EURO 2024 Timnas Portugal Vs Slovenia

Pelatih kepala Timnas Denmark, Kasper Hjulmand, melayangkan protes kepada wasit atas gol yang dianulir dan handsball di kotak penalti. Dia tidak terima dengan apa yang dialami pasukannya saat pertandingan yang berlangsung di Signal Iduna Park, Dortmund, pada Minggu 30 Juni 2024 dini hari WIB tadi itu.

Pemain Timnas Jerman, Kai Havertz rayakan gol ke gawang Swiss

Photo :
'Gol Bunuh Diri' Jadi Top Skor Sementara EURO 2024

Julian Nagelsmann selaku pelatih kepala Timnas Jerman  pun memberikan tanggapan atas protes yang diberikan oleh Hjulmand tersebut. Menurutnya wajar jika juru taktik Denmark tersebut kesal dengan keputusan wasit. Namun jika hakim pertandingan itu tidak memberikan keputusan justru akan membuatnya melakukan protes juga.

“Kami mendapat penalti dan saya memahami Denmark kesal karenanya. Ini cukup kasar, dia tidak melakukannya dengan sengaja, tapi itulah aturannya. Tapi aku akan kesal jika yang terjadi sebaliknya," tutur Nagelsmann, dipetik dari ESPN, Minggu 30 Juni 2024.

Hasil Timnas Prancis Vs Belgia, Gol Bunuh Diri di Menit 85 Bawa Les Bleus ke Perempat Final

Seperti diketahui, Timnas Denmark dihukum penalti setelah salah satu pemain mereka, Joachim Andersen, kedapatan handsball di dalam kotak penalti. Jerman pun berhasil memetik keunggulan lebih dulu 1-0 berkat upaya baik Kai Havertz dalam mengeksekusi penalti di menit ke-53.

Kiper Denmark, Kasper Schmeichel gagalkan peluang Timnas Jerman

Photo :
  • AP Photo/Andreea Alexandru

Sebelumnya, gol Joachim Andersen juga dianuli wasit. Hal ini lantaran wasit menilai Thomas Delaney masuk dalam posisi offside. Namun menurut Hjulmand, keputusan-keputusan itu tidak dapat dibenarkan.

Dia bahkan mengaku punya bukti foto jika Delanye tidak offside. Menurutnya keputusan wasit tidak masuk akal dan konyol.

“Itu diputuskan oleh dua keputusan VAR,” kata Hjulmand. “Saya punya fotonya di sini [offside Delaney]. Ukurannya satu sentimeter. Itu tidak masuk akal, ini bukan cara kami menggunakan VAR,” ujar Hjulmand.

“Dan kemudian setelah beberapa menit, itu adalah penalti [untuk Jerman]. Saya sangat bosan dengan aturan handball yang konyol. Kita seharusnya tidak mengharuskan bek bermain dengan tangan seperti ini. Dia [Andersen] berlari normal, itu normal. Situasi dan dia dipukul dengan bola dari jarak satu meter,” lanjutnya.

“Saya jarang membicarakan keputusan-keputusan ini, namun itu sangat menentukan dalam pertandingan ini. Unggul 1-0 akan sangat penting dan mengubah segalanya bagi tim kami. Semoga beruntung untuk Jerman, tapi menurut saya, sepak bola tidak seharusnya seperti ini,” tukasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya