Timnas Italia Tersingkir di Babak 16 Besar Euro 2024, Kutukan Gelar Juara Berlanjut

Timnas Italia dikalahkan Swiss di 16 besar EURO 2024
Sumber :
  • AP Photo/Ariel Schalit

JermanTimnas Italia tersingkir di babak 16 besar Euro 2024 usai dihajar dua gol tanpa balas oleh Timnas Swiss. Pertandingan itu berlangsung di Olympiastadion Berlin, Jerman, pada Sabtu 29 Juni 2024 malam WIB.

Seorang Pria Nekat Naik Atap Stadion di Laga Euro 2024 Jerman Vs Denmark Tadi Malam

Kekalahan Gli Azzurri-julukan Italia- itu lantas memperpanjang kutukan gelar juara Euro di babak 16 besar. Menurut data Opta Joe, fenomena ini sudah terjadi dalam tiga edisi terakhir turnamen bergengsi benua biru itu.

Pemain Timnas Swiss, Remo Freuler jebol gawang Italia

Photo :
  • AP Photo/Matthias Schrader
Hasil Pertandingan EURO 2024 Tadi Malam: Timnas Italia Menangis, Jerman Tersenyum

Pada Euro 2016 lalu, Timnas Spanyol gugur di babak 16 besar setelah juara di edisi Euro 2012. La Furia Roja-julukan Spanyol- dihajar Timnas Italia dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung di Stade de France, Prancis.

Kemudian kutukan gelar juara gugur di babak 16 besar Euro kembali berlanjut di edisi berikutnya. Timnas Portugal yang juara pada Euro 2016 pun gagal mempertahankan titel tersebut.

Aksi Fenomenal Kosta Rika di Grup Neraka Piala Dunia 2014 Bisa Jadi Contoh Timnas Indonesia

Cristiano Ronaldo dan kolega tumbang lebih awal di fase gugur. Mereka segera angkat koper usai dibekuk Timnas Belagia dengan skor 1-0 pada babak 16 besar Euro 2020.

Duel Timnas Italia vs Timnas Swiss

Photo :
  • AP Photo/Markus Schreiber

“Masing-masing dari tiga pemenang terakhir final Kejuaraan Eropa UEFA tersingkir di babak 16 besar turnamen berikut – Spanyol di EURO 2016, Portugal di EURO 2020, dan Italia di EURO 2024. Rintangan,” cuit @OptaJoe, Minggu 30 Juni 2024.

Kali ini Timnas Italia yang kembali mengalami kejadian yang sama. Setelah juara di Euro 2020. Tim asuhan Luciano Spalletti itu dibuat kesulitan mencuri keunggulan atas Swiss.

Gli Azzurri kebobolan lebih awal sejak babak pertama. Mereka kecolongan skor di menit ke-37 lewat aksi Remo Freuler. Mimpi buruk Timnas Italia kembali berlanjut di babak kedua.

Usai turun minum, Gianluigi Donnarumma langsung kebobolan di menit ke-46. Upaya Timnas Italia untuk membalas pun tak berbuah hasil. Skor 2-0 untuk Timnas Swiss bertahan hingga pertandingan berakhir.

Di babak perempatfinal, Swiss menanti hasil pertandingan Timnas Inggris melawan Slovakia. The Three Lions-julukan Inggris- akan berlaga pada Minggu 30 Juni 2024 malam WIB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya