Cek Fakta: Ada Bendera Indonesia di Jersey Timnas Belanda Euro 2024

Pemain Timnas Belanda rayakan gol Xavi Simons yang akhirnya dianulir
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

Jakarta – Beredar di media sosial sejumlah video menarasikan terdapat bendera Indonesia di jersey Timnas Belanda saat mentas di ajang Piala Eropa 2024.

Timnas Inggris Bikin Wayne Rooney Terkejut

Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok @danibasing01 pada Kamis, 20 Juni 2024 lalu.

Hingga Sabtu, 29 Juni 2024 sore, video itu sudah ditonton lebih dari 5 juta kali, mendapatkan 147 ribu like dan 1800 komentar.

Rumor Dimas Drajad Gabung ke Persib Bandung Makin Panas

“Lagi-lagi Belanda pakai Jersey yang ada bendera Indonesia. Yang bilang hoax kayaknya harus jeli lagi,” demikian narasi unggahan.

Terpopuler: Timnas Indonesia Punya Memori Kelam Kekalahan 0-10, Pengakuan Mengejutkan Mike Tyson

Dalam unggahan itu, terlihat Cody Gakpo memakai jersey tandang Timnas Belanda berwarna biru tua. Adapun, di bawah logo KNVB terdapat bendera merah putih dan bendera Belanda.

Lantas, benarkah bendera Indonesia ada di jersey De Oranje?

Cek Fakta

Berdsarkan penelusuran VIVA, foto serupa yang menampilkan Cody Gakpo tersebut juga diunggah oleh akun X (Twitter) Euro 2024 pada Minggu, 16 Juni 2024.

Bedanya, dalam foto tersebut tidak terdapat bendera Indonesia di bawah logo KNVB, melainkan bendera Polandia berwarna putih merah dan bendera Belanda. Itu artinya, klaim yang menarasikan bendera Indonesia ada di jersey Timnas Belanda merupakan haoks, dan telah diedit sedemikian rupa.

Sebagai informasi foto tersebut diambil setelah Cody Gakpo mencetak gol ke gawang Polandia dalam matchday1 Grup D Piala Eropa 2024 di Volksparkstadion Minggu, 16 Juni 2024 malam WIB.

Terkait peletakan bendera Polandia di jersey Timnas Belanda, itu merupakan peraturan yang dibuat oleh UEFA. Jadi, setiap tim yang bertanding diharuskan menyertakan informasi seperti bendera masing-masing dan kota tempat pertandingan dimainkan di jersey mereka.

Sehingga, pada pertandingan 16 Juni lalu saat Belanda menghadapi Polandia, terdapat bendera putih merah di bawah logo KNVB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya