Hasil Pertandingan Copa America 2024, Kolombia Lolos ke Perempat Final usai Gilas Kosta Rika

Davinson Sanchez dari Kolombia, merayakan gol kedua timnya ke gawang Kosta Rika
Sumber :
  • AP Photo/Rick Scuteri

Amerika Serikat – Timnas Kolombia menunjukkan ketangguhan mereka usai mencukur Timnas Kosta Rika dengan skor 3-0 dalam pertandingan kedua Grup D, Copa America 2024 di Stadion State Farm, Arizona, Amerika Serikat Sabtu, 29 Juni 2024 pagi WIB.

Asisten Wasit Humberto Panjoj Pingsan Akibat Cuaca Panas Ekstrem di Pertandingan Copa America

Tiga gol Los Cafeteros (Si Petani Kopi) tersebut dicetak oleh Luis Diaz lewat tendangan penalti, Davinson Sanchez, dan Jhon Cordoba.

Berkat kemenangan ini Kolombia berhasil mengantongi tiket ke perempat final Copa America 2024 menyusul Argentina dan Venezuela.

Bersinar di Copa America 2024, Darwin Nunez Potensi Kalahkan Rekor Legenda Uruguay 96 Tahun Silam!

Jhon Cordoba dari Kolombia dan Juan Pablo Vargas dari Kosta Rika berebut bola

Photo :
  • AP Photo/Rick Scuteri

Babak pertama

Lionel Messi Jelaskan Kondisi Cederanya Jelang Kontra Peru di Copa America 2024

Sejak awal laga anak-anak asuh Nestor Lorenzo tampil begitu dominan. Pada babak pertama mereka tercatat mengemas 71 persen penguasaan bola dan 8 tembakan ke gawang Kosta Rika.

Kendati demikian dari sederet peluang yang dihasilkan, hanya satu gol yang mampu disarangkan Kolombia ke gawang Kosta Rika yang dikawan Patrick Sequeira.

Gol tersebut terjadi pada menit ke-31, melalui tendangan penalti yang dilakukan pemain Liverpool, Luis Diaz. Penalti ini diberikan wasit usa Sequeira dianggap melanggar Jhon Cordoba.

Kolombia sebetulnya bisa menambah keunggulan andai saja, tembakan James Rodriguez tak dimentahkan Sequeira dan sundulan Davinson Sanchez tidak melebar.

Babak kedua

Francisco Calvo, Kosta Rika bersaing dengan Carlos Cuesta dari Kolombia

Photo :
  • AP Photo/Matt York

Pada babak kedua, Kolombia baru bisa menjauh. Kali ini sundulan Davinson Sanchez berhasil merubah skor menjadi 2-0 usai memanfaatkan sepak pojok yang dikirim Jhon Arias pada menit ke-59.

Kelihaian James Rodriguez melihat ruang kosong di sisi pertahanan Kosta Rika membuka jalan Kolombia mencetak gol ketiga. Operannya berhasil meloloskan Jhon Cordoba yang menyelinap dari sisi kanan.

Sepakan Cordoba yang gagal dibendung kiper Kosta Rika semakin mengokohkan keunggulan Kolombia menjadi 3-0. Skor tersebut tak berubah hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya