Phil Foden Tinggalkan Timnas Inggris Jelang Babak 16 Besar Euro 2024

Gelandang Timnas Inggris, Phil Foden
Sumber :
  • AP Photo/Abbie Parr

VIVA – Phil Foden telah meninggalkan kamp Timnas Inggris di Euro 2024 untuk kembali ke rumahnya. Dia dikabarkan meninggalkan tim lantaran masalah keluarga yang mendesak. Asosiasi Sepak Bola Inggris telah mengonfirmas hal tersebut. 

Khvicha Kvaratskhelia Serasa Mimpi Bawa Timnas Georgia ke 16 Besar EURO 2024

Bintang Manchester City ini telah menjadi starter di ketiga pertandingan Inggris sejauh ini, ditempatkan di sisi kiri lini depan Gareth Southgate.

Dan kini, menjalan babak 16 besar, Foden telah terbang pulang. Jika pemain berusia 24 tahun itu tidak kembali ke turnamen sebelum akhir pekan, tempatnya di starting XI bisa diisi oleh pemain Newcastle United Anthony Gordon.

Daftar Tim Lolos ke Babak 16 Besar EURO 2024 Berikut Jadwal Lengkap Pertandingan

“Phil Foden untuk sementara meninggalkan kamp Inggris dan kembali ke Inggris karena urusan keluarga yang mendesak,” sebuah pernyataan FA dikonfirmasi pada Rabu sore

Dimasukkannya Foden di sisi kiri serangan Inggris telah menimbulkan kontroversi karena tim asuhan Southgate tertatih-tatih melalui grup mereka dengan satu kemenangan, dua kali seri dan hanya mencetak dua gol. 

Terpopuler: Randy Pangalila Pensiun dari MMA, Drama Lima Gol Belanda vs Austria

Kieran Trippier, yang ditempatkan sebagai bek kiri darurat karena cederanya Luke Shaw, kesulitan untuk bermain dengan Foden di depannya.

Oleh karena itu, seruan agar Gordon dimainkan semakin meningkat. Bintang The Magpies hanya diberi waktu beberapa menit di lapangan saat bermain imbang 0-0 dengan Slovenia pada hari Selasa, namun tampil mengesankan dalam penampilan singkatnya.

Dengan perginya Foden, fans Inggris  mungkin mendapatkan keinginan mereka untuk melihat Gordon sejak awal akhir pekan ini. Sang pemain sendiri tentu menginginkan kesempatan untuk menunjukkan bakatnya di pentas dunia

Berbicara kepada BBC setelahnya, Gordon mengatakan: "Ini membuat frustrasi karena saya ingin bermain. Saya pikir setiap pemain di sini menginginkannya. Ini sulit karena Anda memiliki begitu banyak pemain bagus."

"Tetapi menonton dari pinggir lapangan pada pertandingan apa pun, di level mana pun, itu sulit. Anda hanya ingin masuk ke lapangan karena Anda merasa bisa memberikan pengaruh. Saya merasa saya melakukannya ketika saya masuk. Saya mencoba untuk menyerang orang-orang dan bersikap langsung dan menimbulkan masalah dalam beberapa menit yang saya punya. Dan saya akan selalu mencoba melakukan itu."

Pertandingan babak 16 besar Inggris akan berlangsung dengan salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup D, E, atau F di Gelsenkirchen pada hari Minggu pukul 5 sore.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya