EURO 2024 Bisa Bikin Cristiano Ronaldo Makin Sahih Sebagai GOAT Eropa

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • AP Photo/Michael Probst

Jakarta – Perdebatan Greatest of all Time (GOAT) antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memang takkan pernah selesai dibahas. Penggemar dari kedua pemain sama-sama memiliki pembelaan.

UEFA Perketat Keamanan di EURO 2024 Buntut 4 Pitch Invader Serbu Cristiano Ronaldo

Namun, untuk urusan GOAT Eropa, nama Cristiano Ronaldo tak bisa dibantah. Dia memiliki sejumlah catatan rekor luar biasa bersama Timnas Portugal di ajang EURO.

Pada EURO 2024 ini, pemain berjuluk CR7 berpeluang mengukir namanya sebagai GOAT Eropa agar semakin sahih. Karena ada beberapa rekor lagi yang bisa dia pecahkan bersama Timnas Portugal.

Dulu Sebut Karier Cristiano Ronaldo Sudah Tamat, Kini Joao Cancelo Memujinya

Jika Portugal bisa dibawanya menjadi juara EURO 2024, Ronaldo akan menyamai dua rekor, yakni pemain dengan jumlah juara dan raihan medali terbanyak.

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Photo :
  • AP Photo/Luis Vieira
Kylian Mbappe Bikin Penasaran

Saat ini terhitung ada 13 pemain yang pernah dua kali menjadi juara EURO. Pertama adalah Rainer Bonhof asal Jerman Barat yang juara pada 1972 dan 1980.

12 nama sisanya merupakan para pemain Timnas Spanyol yang menjuara EURO 2008 dan 2012. Mereka adalah Xabi Alonso, Iker Casillas, Cesc Fabrregas, Andres Iniesta, Sergio ramos, David Silva, Fernando Torres, Xavi, Raul Albiol, Alvaro Arbeola, Santi Cazorla, dan Pepe Reina.

Untuk rekor pemain dengan medali EURO terbanyak, Rainer Bonhof yang dua kali juara dan sekali runner up masih teratas. Ronaldo bisa menyamai catatan itu jika Portugal ke final pada edisi kali ini. Karena pada 2004 dia menjadi runner up, dan juara pada 2016.

Ronaldo juga bisa melampaui sejumlah pemain lain dalam urusan pemain yang tampil paling banyak di pertandingan final. Sejauh ini ada 24 nama yang memiliki rekor dua kali tampil di final EURO, tapi tinggal CR7 yang aktif bermain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya