Kualitas Rumput Lapangan EURO 2024 Buruk, UEFA Langsung Bereaksi

Kondisi lapangan yang buruk saat Inggris lawan Denmark di EURO 2024
Sumber :
  • AP Photo/Darko Vojinovic

Jerman – Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) langsung bereaksi begitu muncul kritik atas buruknya kualitas rumput lapangan di Waldstadion, Frankfurt, Jerman. Lapangan itu digunakan saat Timnas Inggris melawan Timnas Denmark dalam lanjutan Grup C EURO 2024, Kamis malam WIB 20 Juni 2024.

UEFA Perketat Keamanan di EURO 2024 Buntut 4 Pitch Invader Serbu Cristiano Ronaldo

Buruknya kualitas rumput lapangan itu tak lepas dari hujan yang turun di Frankfurt dalam beberapa hari belakangan. Atap Waldstadion ditutup selama 24 jam sebelum pertandingan Inggris melawan Denmark dimulai.

Potongan rumput lapangan terkikis selama pertandingan berjalan. Beberapa pemain terpeleset di rumput berminyak karena kondisi lembab.

Dulu Sebut Karier Cristiano Ronaldo Sudah Tamat, Kini Joao Cancelo Memujinya

"Rencana pemeliharaan telah disiapkan untuk mengatasi masalah khusus dan lebih meningkatkan kualitas menjelang pertandingan mendatang di tempat tersebut," begitu bunyi pernyataan UEFA, dikutip dari AP.

Pemain Timnas Inggris, Harry Kane jebol gawang Denmark

Photo :
  • AP Photo/Darko Vojinovic
Kylian Mbappe Bikin Penasaran

Waldstadion akan digunakan kembali saat Jerman menghadapi Swiss dalam pertandingan pamungkas Grup A, Minggu waktu setempat 23 Juni 2024. Tiga hari berselang, duel Slovakia melawan Rumania juga digelar di sana.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate sebelumnya sudah mengingatkan UEFA untuk memperhatikan kualitas lapangan. Karena dia melihat ada yang tidak baik ketika Belgia melawan Slovakia beberapa hari sebelumnya.

"Saay seorang bek, saat Anda bermain di lapangan seperti itu, Anda merasa gelisah karena Anda tidak yakin dengan pijakan Anda," ujarnya.

UEFA memastikan kondisi lapangan sudah ditinjau oleh konsultan sebelum EURO 2024 dilangsungkan. Waldstadion ini harusnya masuk dalam kategori baik.

Akan tetapi, karena hujan yang terus-menerus turun sepanjang EURO 2024 berjalan, masalah lapangan pun muncul. Tidak cuma lapangan pertandingan, tapi juga lapangan latihan para tim peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya