Spalletti Ungkap Alasan Timnas Italia Kesulitan Ladeni Permainan Spanyol

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti
Sumber :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Jerman – Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti menyalahkan kebugaran anak asuhnya saat dikalahkan Timnas Spanyol dengan skor 0-1 dalam pertandingan Grup B EURO 2024 di Veltins-Arena, Jerman pada Jumat dini hari WIB 21 Juni 2024.

Tanggapan Julian Nagelsmann Kepada Pelatih Denmark yang Protes Usai Dikalahkan Jerman di Euro 2024

Spalletti mengatakan, ada perbedaan kondisi fisik antara Timnas Italia dengan Timnas Spanyol. Dan faktor ini membuat anak asuhnya menjadi sulit untuk meladeni permainan lawan.

"Perbedaannya terletak pada kesegaran. Mereka jauh lebih segar daripada kami yang memiliki bacaan yang berbeda," ujar Luciano Spalletti, dikutip dari Football Italia.

Timnas Italia Tersingkir di Babak 16 Besar Euro 2024, Kutukan Gelar Juara Berlanjut

"Kunci dari masalah ini selalu sama, kami berada di bawah level untuk mengawal dan mengembalikan umpan balik. Mereka lebih segar dan menciptakan masalah bagi kami dalam hal kecepatan," imbuhnya.

Duel Timnas Spanyol vs Italia

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez
Seorang Pria Nekat Naik Atap Stadion di Laga Euro 2024 Jerman Vs Denmark Tadi Malam

Perubahan coba diterapkan oleh Spalletti dalam pertandingan melawan Spanyol. Memang ada dampak positif yang terjadi, namun menurutnya itu belum cukup untuk bisa membatalkan keunggulan Spanyol.

Spalletti tak sungkan untuk mengatakan Spanyol layak menjadi pemenang dalam pertandingan kali ini. Karena memang mereka bermain lebih baik.

"Ketika kami bermain dengan tiga atau empat pemain yang lebih segar, kami mampu menjadi lebih intens, menciptakan gerakan yang tepat yang dapat membuat kami menyamakan kedudukan, tapi mereka jauh lebih kuat dari kami dan memang pantas menang," ujarnya.

Statistik menunjukkan Spanyol lebih unggul dari Italia dari segi penguasaan bola dan percobaan ke gawang lawan. Satu-satunya gol tercipta lewat bunuh diri Riccardo Calafiori.

Untuk lolos ke babak 16 besar EURO 2024 dengan status dua terbaik Grup B, Italia harus melewati partai penentuan menghadapi Kroasia. Spalletti menegaskan, kini timnya dituntut untuk berkomitmen main sebaik mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya