Timnas Italia Waspada, Spanyol Mematikan Jika Hal Ini Dibiarkan

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti
Sumber :
  • AP Photo/Andreea Alexandru

Jerman – Timnas Italia berhadapan dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan kedua Grup B EURO 2024 di Veltins-Arena, Jerman pada Jumat dini hari WIB 21 Juni 2024. Pelatih Italia, Luciano Spalletti telah memetakan kekuatan Spanyol.

Sempat Dikejutkan Gol Bunuh Diri, Timnas Spanyol Balas Gol Georgia

Menurut Spalletti, sosok Alvaro Morata yang jadi andalan di lini depan Timnas Spanyol adalah hal pertama yang mesti diwaspadai. Dia mengetahui betul jika pemain asal klub Real Madrid itu memiliki keunggulan di beberapa aspek.

"Alvaro Morata adalah yang terbaik dalam berlari mundur. Dia tidak malas. Dia banyak berlari. Dalam hal jarak tempuh dan kecepatan, angka-angkanya luar biasa, juga dalam mempertahankan kecepatan jarak jauh, dan itu memungkinkannya untuk lebih langsung," kata Spalletti, dikutip dari Football Italia.

16 Besar EURO 2024: Gol Salto Jude Bellingham, Timnas Inggris Selamat dari Terkaman Slovakia

Keunggulan Morata itulah yang membuatnya menghasilkan satu gol ketika Spanyol mengalahkan Kroasia. Di mana situasinya dia melakukan akselerasi individu untuk bisa memecah kebuntuan Tim Matador.

Pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi
Salto Jude Bellingham Jadi Penyelamat, Duel Timnas Inggris Vs Slovakia Lanjut Babak Tambahan

Tak cuma itu, sisi penyerangan sayap Spanyol yang salah satunya ditempati oleh Lamine Yamal bakal diwaspadai oleh Timnas Italia. Ditekankan oleh Spalletti, ciri khas sang lawan di sektor ini pastinya akan merepotkan para pemainnya.

Sang juru taktik meminta anak asuhnya untuk memastikan tidak banyak ruang kosong yang ditinggalkan ketika Spanyol melakukan serangan balik. Karena jika itu terjadi, mereka terancam dalam situasi sulit.

"Sama seperti Lamine Yamal, Spanyol memiliki dua pemain sayap yang suka situasi satu lawan satu dan salah satu masalah yang kami hadapi adalah ketika kemi mendominasi permainan," tutur Spalletti.

"Kami harus memastikan kami berada di posisi yang tepat untuk melakukan turnover, karena mereka mematikan jika Anda meninggalkan terlalu banyak ruang," imbuhnya.

Spanyol dan Italia sama-sama sudah mengantongi satu kemenangan di laga perdana. Tim Matador mengalahkan Kroasia dengan skor 3-0, sementara Gli Azzurri unggul 2-1 atas Albania.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya