Fenomenal, Arda Guler Pecahkan Rekor Ronaldo yang Sudah Bertahan 20 Tahun

Arda Guler
Sumber :
  • UEFA

VIVA – Wonderkid Turki, Arda Guler menjadi sorotan usai mencetak gol pada debutnya di Euro 2024. Arda membantu Turki saat mengalahkan Georgia 3-1 pada laga perdana Grup F Euro 2024 di BVB Dortmund Stadion, Selasa 18 Juni 2024.

Hasil Sementara Timnas Jerman Vs Denmark, Gol Tuan Rumah Dianulir

Guler mencetak gol pada menit ke-65 untuk membawa Turki kembali memimpin setelah skor imbang 1-1. Pemain Real Madrid itu mencetak gol lewat tembakan jarak jauh dengan kaki kiri miliknya.

Gol ini bermula dari keberhasilan Turki yang bisa merebut bola di pertahanan Georgia. Kaan Ayhan mendapat bola dan memberikannya pada Arda Guler yang langsung melepaskan tembakan jarak jauh ke pojok kanan gawang Georgia.

Cuaca Buruk, Duel Timnas Jerman Vs Denmark di 16 Besar EURO 2024 Ditunda

Bagi Guler ini adalah gol keduanya dari sembilan penampilan bersama Turki. Dia pun dinobatkan sebagai man of the match. Selain itu, Guler juga berhasil memecahkan rekor bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo yang sudah bertahan selama 20 tahun.

Melansir ESPN, Guler menjadi pemain belia pertama yang mencetak gol pada debutnya di Euro sejak Cristiano Ronaldo pada tahun 2004. 

Pengakuan Pelatih Timnas Italia Usai Dihancurkan Swiss

Guler saat ini berusia 19 tahun 114 hari dan jadi pemain termuda yang bikin gol pada laga debut Piala Eropa, setelah Ronaldo saat menghadapi Yunani di 2004. Ketika itu, Ronaldo berusia 19 tahun dan 128 hari.

Adapun rekor pencetak gol termuda masih dipegang penyerang Swiss Johan Vonlanthen (18 tahun 141 hari) yang bikin gol kala kalah 1-3 dari Prancis. 

Setelah Vonlanthen, ada Wayne Rooney (19 tahun 237 hari), Renato Sanches (18 tahun 317 hari), dan Dragan Stojkovic (19 tahun 108 hari). Untuk laga final, pencetak gol termuda ada pemain Italia Pietro Anastasi pada usia 20 tahun 64 hari ketika menjebol jala Yugoslavia tahun 1968.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya