Arda Guler Mengerikan, Turki Hancurkan Georgia di Euro 2024

Arda Guler mencetak gol untuk Turki di Euro 2024
Sumber :
  • UEFA

VIVA – Turki berhasil meraih kemenangan pada laga perdana grup F Euro 2024 menghadapi Georgia. Bertanding di stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa 18 Juni 2024, Turki menang dengan skor 3-1.

Erdogan Tegaskan Turki Dukung Lebanon Lawan Serangan Israel

Turki menekan sejak awal babak pertama dan mendapatkan peluang pada menit kelima melalui Ayhan. Namun, sundulannya memanfaatkan tendangan sudut masih melebar dari gawang Georgia.

Turki akhirnya membuka keunggulan lewat Mert Muldur di menit ke-25. Manfaatkan halauan bola yang tak jauh, Muldur melepas tembakan keras di luar kotak penalti sehingga membuat skor jadi 1-0.

Erdogan Serukan Upaya Damai dengan Lawan "Agresi Israel yang Mengancam" Keamanan Regional

Dua menit kemudian, Turki sejatinya mencetak gol lagi lewat Kenan Yildiz di menit ke-27. Namun Yildiz dinyatakan sudah offside terlebih dahulu.
Georgia bukan tanpa perlawan. Pada menit ke-32, mereka berhasil menyamakan kedudukan melalui Georges Mikautadze.

Manfaatkan umpan Kocharashvili, Mikautadze bisa menembak dengan akurat dari sudut sempit sehingga skor jadi 1-1. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-1 antara Timnas Turki melawna Georgia masih bertahan. 

Zulhas Sita Impor Karpet Ilegal dari Turki Senilai Rp10 Miliar: Cegah Kerugian Negara

Setelah imbang di babak pertama, kedua pelatih belum mengambil keputusan untuk melakukan pergantian dan kedua tim langsung bermain terbuka dan menyajikan aksi saling serang.

Turki akhirnya bisa kembali unggul di menit ke-65 lewat wonderkid mereka, yakni Arda Guler. Pemain Real Madrid mencetak gol lewat tembakan jarak jauh dengan kaki kiri.

Gol bermula dari keberhasilan pressing Turki di daerah pertahanan Georgia. Kaan Ayhan mendapat bola dan memberikannya pada Arda Guler. Arda Guler memutuskan untuk langsung melepaskan tembakan jarak jauh yang bersarang di pojok kanan gawang.

Peluang emas diraih Georgia di menit ke-92. Namun Kocharashvili dan Chakvatadze saling berebut nembak sehingga bola tak terarah.Terlalu nafsu menyerang, Georgia tak berkutik saat Aktorkuglu mencetak gol di menit ke-96 ke gawang kosong, Turki pun menang 3-1.


Susunan Pemain

Turki (4-2-3-1)

Mert Gunok; Mert Muldur (Zeki Celik 85), Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Kaan Ayhan (Merih Demiral 79), Hakan Calhanoglu; Arda Guler (Yusuf Yazici 79), Orkun Kokcu, Kenan Yildiz (Kerem Akturkoglu 85); Baris Yilmaz

Georgia (3-5-2)

Giorgi Mamardashvili; Saba Kverkvelia (Budu Zivzivadze 85), Guram Kashia, Lasha Dvali; Otar Kakabadze, Giorgi Kochorashvili, Anzor Mekvabishvili (Sandro Altunashvili 89), Giorgi Chakvetadze (Zuriko Davitashvili 74), Georgiy Tsitaishvili (Luka Lochoshvili 74); Georges Mikautadze, Khvicha Kvaratskhelia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya