Volksparkstadion, Venue Piala Eropa 2024 yang Lekat dengan Peperangan

Volksparkstadion
Sumber :
  • Tripadvisor

Jakarta – Volksparkstadion adalah salah satu dari 10 stadion yang menjadi lokasi perhelatan Piala Eropa 2024. Stadion yang menjadi kandang klub Hamburg SV ini memiliki daya tampung sebesar 52.245 penoton.

Suporter Timnas Portugal Yakin Cristiano Ronaldo Bakal Main di Piala Dunia 2026

Volksparkstadion mulai digunakan pada 12 Juli 1953 dan memiliki arti Stadion Taman Rakyat. Yang menarik di balik pembangunannya, bahan yang digunakan berasal dari reruntuhan Eimsbuttel, salah satu distrik di Hamburg yang hancur akibat pengeboman sekutu.

Pengeboman yang menghancurkan Eimsbuttel terjadi ketika Perang Dunia II yang berlangsung pada Juli 1943. Mengutip National Geographic, diperkirakan ada 37 ribu korban tewas, dan 180 ribu lebih mengalami luka-luka dalam serangan tentara sekutu ke kota Hamburg.

Kata Deschamps Soal Tumpulnya Kylian Mbappe di Euro 2024: Baru Cetak 1 Gol Lewat Penalti

Volksparkstadion semakin lekat dengan 'peperangan' karena pada 2023, klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk menggunakannya sebagai kandang untuk bertanding di Liga Champions musim ini. Mereka tidak bisa main di markas sendiri karena adanya perang Rusia-Ukraina.

Shakhtar Donetsk vs Barcelona

Photo :
  • AP Photo/Matthias Schrader
Contekan di Botol Minum Bawa Inggris ke Semifinal Euro 2024

Tiga kali Shakhtar Donetsk bermarkas di Volksparkstadion saat melakoni pertandingan Grup H Liga Champions menghadapi FC Porto, Barcelona, dan Antwerp. Lalu sekali mereka gunakan di play-off Liga Europa melawan Marseille.

Bukan cuma pertandingan sepakbola yang menggunakan Volksparkstadion. Beberapa kali acara hiburan seperti konser musik juga diselenggarakan di sana. Sejumlah nama besar pernah tampil, seperti Michael Jackson, Tina Turner, Rihanna, Taylor Swift, dan banyak lainnya.

Pertandingan Internasional

Pertandingan Jerman Barat vs Jerman Timur di Volksparkstadion

Photo :
  • AP Photo/File

Saat Jerman Barat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1974, Volksparkstadion menjadi salah satu venue yang digunakan. Di sini pula Jerman Timur berhasil menang atas Jerman Barat dengan skor 1-0 pada pertandingan Grup 1.

Berselang 14 tahun kemudian, Volksparkstadion mendapat kesempatan menjadi salah satu venue Piala Eropa 1988 Jerman Barat. Kekalahan Jerman Barat 1-2 atas Belanda pada babak semifinal terjadi di sana.

Argentina vs Pantai Gading Piala Dunia 2006

Photo :
  • mundoalbiceleste.com

Volksparkstadion kembali berkesempatan menjadi tuan rumah pertandingan internasional antarnegara pada Piala Dunia 2006. Sebanyak lima pertandingan dilangsungkan di sana.

Diawali dengan pertemuan Argentina melawan Pantai Gading di Grup C. Lalu ada juga pertandingan Grup A antara Ekuador melawan Kosta Rika.

Arab saudi melawan Ukraina di Grup H Piala Dunia 2006 juga digelar di Volksparkstadion. Selanjutnya pertandingan Grup E antara Republik Ceko melawan Italia.

Pertandingan Piala Dunia 2006 terakhir yang dimainkan di Volksparkstadion adalah perempatfinal yang mempertemukan Italia dengan Ukraina.

5 Laga Piala Eropa 2024

Pada Piala Eropa 2024, ada lima pertandingan yang akan dilangsungkan di Volksparkstadion. Yang pertama pada 16 Juni 2024 antara Polandia melawan Belanda dari Grup D.

Berselang tiga hari kemudian, giliran pertandingan Grup B Piala Eropa 2024 antara Kroasia vs Albania yang digelar di Volksparkstadion. Republik Ceko yang ada di Grup F akan main dua kali di sana, yakni melawan Georgia dan Turki.

Pertandingan terakhir Piala Eropa 2024 di Volksparkstadion adalah babak perempat final. Mereka akan mempertemukan pemenang pertandingan ke-41 melawan pemenang pertandingan ke-42.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya