Pemain Positif Doping, Gelar Piala Dunia Messi Bersama Timnas Argentina Bakal Dicabut?

Timnas Argentina juara Piala Dunia Qatar 2022
Sumber :
  • AP Photo/Manu Fernandez

MILAN – Papu Gomez membuat heboh Serie A. Dia terkena hukuman dua tahun akibat masalah doping.

Mees Hilgers Ungkap Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Monza mengumumkan dalam pernyataan resminya. "Monza hari ini mendapat notifikasi dari FIFA melalui FIGC, mengenai tuntutan badan anti doping Spanyol kepada Gomez.

"Dia dilarang terlibat dalam aktivitas olahraga selama dua tahun, karena ditemukan Terbutaline dalam sample biologis, ketika masih tercatat sebagai pemain Sevilla," tulis pihak Monza.

Timnas Indonesia Catatkan Fakta Mengejutkan di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Terbutaline merupakan zat yang dilarang. Sedangkan dugaan kuat, kandungan itu terdapat dalam obat yang digunakan Gomez untuk mengatasi masalah bronkhitis.

Timnas Indonesia Curi Poin di Arab Saudi Jadi Tanda Prediksi Gus Dur Segera Terwujud?

Sampel atas Gomez diambil ketika dia masih bermain di Sevilla pada Oktober 2022 lalu. Artinya, itu sebelum dia tampil di Piala Dunia 2022 bersama Argentina.

Sempat mencuat polemik soal status juara Argentina dengan terungkapnya kasus doping ini. Kebetulan Gomez memang masuk dalam skuad kala itu dan sempat tampil dalam dua pertandingan.

Kapten Atalanta, Papu Gomez.

Photo :
  • Twitter/@Atalanta_BC

Hanya saja regulasi yang ada menyebut kalau pembatalan trofi Argentina tidak bisa dilakukan, karena Gomez menjadi satu-satunya pemain yang terlibat. Lain cerita bila itu juga menimpa dua atau tiga penggawa lain.

Yang ada ialah kemungkinan medali milik Gomez akan dicabut oleh FIFA. Artinya, dia tidak dianggap masuk dalam daftar skuad juara bersama Tim Tango.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya