Resmi Latih PSG, Ini 5 Fakta Menarik Luis Enrique

Pelatih PSG, Luis Enrique
Sumber :
  • Instagram @psg

Paris - Klub asal Prancis PSG resmi menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih baru menggantikan Christopherl Galtier. Pelatih asal Spanyol itu akan mendapatkan kontrak selama dua musim.

Hasil Lengkap: Barcelona Masih Sempurna, Inter Milan Nyaris Kalah

Sebelumnya, Luis Enrique memutuskan mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Timnas Spanyol setelah gagal berbicara banyak di Piala Dunia 2023. Setelah enam bulan menganggur, pelatih 53 tahun tersebut memutuskan menerima tawaran PSG.

Berikut beberapa menarik Luis Enrique dilansir berbagai sumber:

Real Sociedad Vs Real Madrid, Ancelotti: Kami Tidak Layak Menang

1. Profil Luis Enrique

Luis Enrique

Photo :
  • SportsMax
Hasil Lengkap: AC Milan Hajar Klubnya Jay Idzes, Real Madrid Menang Berkat 2 Penalti

Memiliki nama lengkap Luis Enrique Martinez Garcia, ia dulunya merupakan pemain profesional yang telah memperkuat tim seperti Real Madrid, Barcelona serta Timnas Spanyol. Ia lahir pada 8 Mei 1970, dan kini ia telah menjadi pelatih baru PSG.

2. Bermain di Dua Klub Rival

Luis Enrique, Jose Mourinho, dan Pep Guardiola pada musim 1997/98.

Photo :
  • Bundesliga.de

Luis Enrique pernah bermain di Real Madrid selama lima musim. Ia pertama kali bergabung bersama Los Blancos pada tahun 1991. Namun setelah kontraknya habis, tepatnya pada 1996, ia memutuskan bergabung bersama Barcelona.

Ketika berada di Barcelona, Luis Enrique bertahan selama delapan musim dan telah raih dua trofi LaLiga.

Ia juga pernah mengatakan bahwa dirinya tidak pernah merasa dicintai oleh penggemar Real Madrid dan selama berada di Santiago Bernabeu ia tidak memiliki kenangan yang indah.

3. Hobi Marathon

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique

Photo :
  • BeinSport

Para pemain sepakbola pastinya memiliki hobi masing,  biasanya para atlet sepakbola biasanya hobi mendengarkan musik atau bermain.

Berbeda dengan Luis Enrique, ia memiliki hobi mengikuti lomba marathon. Pada tahun 2005, ia pernah mengikuti lomba marathon di New York serta pada tahun 2008, ia pernah mengikuti lomba marathon di Maroko.

4. Luis Enrique Masuk Dalam Pemain Terbaik Pilihan Pele

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique

Photo :
  • Eurosport

Legenda sepakbola sepakbola Brasil, Pele telah memasukkan dalam daftar 100 pemain sepakbola terhadap yang masih hidup, di mana Pele memasukkan nama Luis Enrique beserta tiga nama lainya di Spanyol yaitu Raul Gonzalez, Emilio Butragueno.

Ini merupakan suatu penghormatan besar bagi Luis Enrique masuk dalam daftar pemain terbaik yang disusun oleh sang legenda Timnas Brasil, Pele.

5. Karier Pelatih

Pemain Timnas Spanyol dan pelatih Luis Enrique

Photo :
  • AP Photo/Julio Cortez

Ketika Luis Enrique memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola profesional. Ia langsung melatih tim Barcelona B pada tahun 2008. Kemudian pada 2011, ia menerima tawaran menjadi pelatih AS Roma.

Ia juga sempat melatih tim senior Barcelona pada tahun 2014 hingga 2017. Setelah itu, Luis Enrique memutuskan menerima tawaran Timnas Spanyol pada 2018 hingga tepatnya akhir tahun 2022. Ia memutuskan mengundurkan diri setelah gagal membawa Timnas Spanyol berbicara banyak di Piala Dunia 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya