Luis Figo Tuding Fernando Santos Penyebab Terpuruknya Timnas Portugal di Piala Dunia 2022

Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Swiss di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

VIVA Bola – Legenda Timnas Portugal, Luis Figo menuding Fernando Santos sebagai penyebab kekalahan Portugal dari Timnas Maroko di perempatfinal Piala Dunia 2022. Dia menyayangkan Santos tidak memasang Cristiano Ronaldo dalam starting line-up di pertandingan tersebut.

Bintang Muda Real Madrid Juara Tilawah Alquran di Negaranya

“Anda tidak akan bisa memenangkan Piala Dunia dengan Cristiano Ronaldo di bangku cadangan. Menang melawan Swiss? itu luar biasa, tapi bisakah anda melakukan itu di setiap pertandingan? Tentu tidak,” ujar Luis Figo dikutip dari Sportsmole, Selasa 13 Desember 2022.

Luis Figo saat membela Real Madrid.

Photo :
  • Sportklub.pl
Zinedine Zidane Mustahil Latih Arab Saudi, Lebih Tertarik Melatih Timnas Ini

Seperti diketahui, anak asuhan Fernando Santos harus angkat kaki dari kompetisi empat tahunan itu setelah mereka dikalahkan oleh Timnas Maroko 1-0 dalam babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Sabtu malam WIB 10 Desember 2022.

Cristiano Ronaldo mengaku sangat sedih atas kegagalan Portugal, bahkan di akhir pertandingan ia tampak meneteskan airmata. Bagaimana tidak, malam itu merupakan penampilan terakhir sang mega bintang di ajang Piala Dunia.

Dua Sanksi Berat dari FIFA Intai Timnas Bahrain Jika Menolak Main di Indonesia

Kini usianya sudah 37 tahun, tidak mungkin eks pemain Real Madrid itu bakal masuk skuad Timnas Portugal di Piala Dunia 2026. Tentu malam itu bukan malam yang indah bagi Ronaldo.

“Meninggalkan Cristiano Ronaldo di bangku cadangan adalah kesalahan. Kekalahan ini adalah tanggung jawab manajemen dan menajer (Fernando Santos),” tambahnya

Sebelumnya diberitakan, Cristiano Ronaldo mengatakan bahwa dapat menjuarai Piala Dunia bersama Timnas Portugal merupakan mimpi terbesarnya, menurut Ronaldo semua pencapaian yang sudah ia raih bersama Portugal belum cukup jika belum membawa pulang trofi Piala Dunia.

"Menjuarai Piala Dunia bersama Portugal adalah impian terbesar dan paling ambisius dalam karier saya. Untungnya, saya memenangkan banyak gelar berdimensi internasional, termasuk untuk Portugal, tetapi menempatkan nama negara kami di level tertinggi di dunia adalah impian terbesar saya," tulis Ronaldo dikutip Senin 12 Desember 2022.

Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos dan Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Getty Images

“Saya berjuang untuk itu. Saya berjuang keras untuk mimpi ini. Dalam 5 penampilan saya di Piala Dunia selama 16 tahun,kami selalu memiliki banyak pemain hebat dan didukung oleh jutaan orang Portugal, saya telah memberikan segalanya. Saya meninggalkan semuanya di lapangan namun saya tidak pernah memalingkan wajah saya ke pertarungan dan saya tidak pernah menyerah pada mimpi itu," tambah pemain 37 tahun itu

Eks pemain Real Madrid itu mengisyaratkan ia benar-benar akan pensiun dari Timnas Portugal setelah dikalahkan Timnas Maroko. “Sayangnya, kemarin (di Qatar) mimpi itu berakhir. Tidak ada gunanya lagi untuk marah,” ungkapnya

Terakir, Ronaldo mengatakan sudah tak banyak lagi yang dapat ia sampaikan, ia bahkan tak mau ambil pusing soal spekulasi orang terhadapnya. “Terima kasih Portugal. Terima kasih, Qatar. Mimpi itu indah selama itu berlangsung. Sekarang, saatnya menjadi penasihat yang baik dan biarkan masing-masing orang menarik kesimpulan mereka sendiri," pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya