Laga Timnas Indonesia vs China Dipimpin Wasit Timur Tengah, Coach Justin Wanti-wanti Bakal Dicurangi

 Pengamat sepakbola, Justinus Lhaksana atau Coach Justin
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Timnas Indonesia akan melakoni Matchday ke-4 ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Timnas China. Coach Justin mengungkap peluang Indonesia akan dicurangi lagi.

Laga Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Prabowo: Kita Berdoa Menang

Pertandingan yang akan digelar pada Selasa, 15 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB menjadi laga penting bagi kedua kesebelasan. Para pemain tentu akan menampilkan performa terbaiknya untuk mengunci kemenangan sehingga bisa lolos ke babak selanjutnya.

Para pendukung Timnas tengah cemas lantaran laga Timnas Indonesia kontra China lagi-lagi dipimpin wasit asal Timur Tengah, yaitu Omar Mohamed Ahmed Hassan atau Omar Al Ali. Penggemar kulit bundar di tanah air seakan mempunyai trauma terhadap wasit Timur tengah di mana keputusannya sering merugikan Timnas Merah Putih.

Pelatih China Gelisah Jelang Lawan Timnas Indonesia

Terbaru, Ahmed Al Kaf yang menjadi wasit saat Indonesia melawan Bahrain membuat marah pendukung Timnas. Kekuatan netizen tanah air bahkan menggemparkan sepak bola global.

Pertandingan penting ini akan berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium dan dipimpin oleh seorang wasit berpengalaman asal Timur Tengah, Omar Mohamed Ahmed Hassan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Daftar Link Live Streaming untuk Pertandingan Timnas Indonesia VS China

Coach Justinus Lhaksana atau kerap disapa Coach Justin menuturkan alasan mengapa Timnas Indonesia terus dikadali oleh wasit-wasit Timur Tengah. Menurut Coach Justin, alasannya sangatlah sederhana.

"FIFA memberikan ekstra jatah negara Asia untuk masuk piala dunia yaitu 8 plus 1. Negara-negara papan atas itu sudah langganan, sudah biasa (masuk Piala Dunia) dan enggak bisa dikerjain," ucap Coach Justin dikutip dari akun TikTok @pashaa pada Selasa (15/10/2024).

Negara di kawasan Asia yang langganan masuk Piala Dunia antara lain Arab Saudi, Iran, Australia, Korea Selatan, dan Jepang. Coach Justin menegaskan lima negara tersebut sudah tidak bisa diganggu gugat untuk mewakili Asia di panggung Dunia.

"Nah sekarang mereka mau sisa jatah ini untuk negara-negara mereka sendiri. Negara yang baru bangkit dan mau menyaingi atau bisa melebihi negara mereka itu akan dikerjain dan liat aja akan berjalan terus akan dikerjain terus kalau wasitnya dari Timur Tengah," jelas Coach Justin.

Selain Indonesia, mantan pelatih Timnas Futsal mencontohkan Uzbekistan yang juga kerap dicurangi oleh wasit asal Timur Tengah. Coach Justin membeberkan bahwa 'mereka' melakukan kongkalikong dengan negara-negara kecil atau medioker Timur Tengah agar bisa 'menghalangi' negara Asia Timur dan Asia Selatan agar tidak lolos ke Piala Dunia selain lima negara langganan.

"Itulah kenapa kita (Timnas Indonesia) dikerjain. Kalah menang itu hal yang biasa tapi tidak dengan cara dicurangi," pungkas Coach Justin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya