Dexlite Jadi Solar Baru Pertamina

SPBU di Paron, Kediri, kehabisan stok
Sumber :
  • ANTARA/Prasetia Fauzani

VIVA.co.id – PT Pertamina memang tengah mempersiapkan jenis solar baru untuk dipasarkan dalam waktu dekat, dengan mengusung nama Dexlite.

AKBP Achiruddin Dituntut 6 Tahun Penjara di Kasus Solar Subsidi Ilegal

"Namanya, Dexlite," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, kepada VIVA.co.id lewat pesan tertulisnya, di Jakarta, Kamis 17 Maret 2016.

Sekadar informasi, sebelumnya perusahaan pelat merah ini menyiapkan tiga pilihan nama untuk bahan bakar minyak (BBM) solar baru ini, yaitu solarlite, diesellite, dan dexlite. Pilihan terakhir ini yang akhirnya terpilih.

Pengumuman! Harga BBM Pertamax Turbo Cs Turun Mulai Hari Ini, Pertalite Tetap

Ahmad melanjutkan, kandungan cetane dexlite berada di antara kandungan cetan solar/biosolar dengan pertamina dex. Dikatakan bahwa kandungan cetane solar/biosolar sebesar 48, dexlite 51, dan dex 53. Kandungan sulfur dexlite pun lebih tinggi daripada kandungan solar/biosolar dan pertamina dex.

"Kandungan sulfur solar/biosolar 3.000-3.500 ppm, dex 300 ppm, dan dexlite 1000-1.200 ppm. Emisi jauh lebih bagus, bertenaga, dan efisien," kata dia.

Catat! Mulai 7 Maret 2023, Beli Solar Subsidi di Sumut Pakai QR Code

Saat ini, kata Ahmad, BUMN ini menunggu proses perizinan niaga dexlite yang berada di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. "(Sementara) izinnya masih proses, uji coba dan persiapan infrastruktur jalan terus," kata dia.

Solar subsidi.

ESDM Resmi Tetapkan Formula Baru Harga Solar Subsidi, Begini Perhitungannya

Kementerian ESDM menerbitkan Keputusan Menteri ESDM tentang Formula Harga Dasar Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) seperti solar subsidi dan minyak tanah.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2023