Perluas Akses Keuangan, Bank Mandiri Dorong Gen Z Bijak Investasi
- VIVA.co.id/Anisa Aulia
Jakarta, VIVA – Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mendorong generasi muda sekaligus Gen Z untuk bijak dalam berinvestasi.
Menurut Alexandra, inklusi keuangan menjadi faktor penting agar generasi muda dapat mengelola finansial dengan lebih bijak, mulai dari menabung, berinvestasi, hingga menggunakan layanan perbankan secara optimal.
“Bank Mandiri terus berupaya memperluas akses keuangan bagi Gen Z melalui berbagai inisiatif, termasuk digitalisasi layanan dan edukasi finansial. Dengan pendekatan yang tepat, generasi muda dapat lebih percaya diri dalam mengelola keuangan mereka,” ujar Alexandra dalam keterangannya Sabtu, 22 Maret 2025.
Alexandra menyebut, sebagai salah satu institusi keuangan terbesar di Indonesia, Bank Mandiri terus menghadirkan inovasi untuk meningkatkan inklusi keuangan, khususnya bagi generasi muda. Melalui Livin’ by Mandiri, aplikasi yang memungkinkan pengguna mengakses layanan perbankan dengan lebih praktis.
Ilustrasi investasi kecil-kecilan
- freepik.com/freepik
“Dengan lebih dari 29,3 juta pengguna, aplikasi ini memudahkan Gen Z dalam menabung, berinvestasi, melakukan transaksi non-tunai, serta mengakses berbagai layanan finansial lainnya langsung dari smartphone,” terangnya.
Untuk meningkatkan pemahaman keuangan di kalangan anak muda, Bank Mandiri aktif menyebarkan edukasi finansial melalui platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Dengan menggandeng figur publik dan pakar keuangan, berbagai informasi terkait investasi, tabungan, dan pengelolaan keuangan disampaikan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami.
“Kesadaran akan pentingnya investasi sejak dini terus didorong oleh Bank Mandiri. Berbagai instrumen investasi tersedia untuk Gen Z, mulai dari reksa dana dan obligasi bagi mereka yang menginginkan risiko rendah, hingga saham bagi yang ingin mencoba peluang dengan return lebih besar,” terangnya.
Ilustrasi Investasi untuk Generasi Z
- freepik.com
Menurut Alexandra, dengan edukasi yang tepat dan akses yang mudah, semakin banyak generasi muda yang bisa memulai investasi sesuai dengan kebutuhan mereka.
“Bank Mandiri menghadirkan produk keuangan yang ramah bagi anak muda, seperti tabungan dengan biaya administrasi rendah, fitur tabungan otomatis, serta program cashback dan diskon untuk transaksi digital. Inisiatif ini dirancang agar Gen Z semakin nyaman menggunakan layanan perbankan dan terbiasa mengelola keuangan secara lebih terstruktur,” imbuhnya.