800 Petugas Whoosh Wajib Tes Kesehatan Sebelum Bertugas Demi Cegah Risiko dan Maksimalkan Pelayanan
- Dok. KCIC
Jakarta, VIVA – KCIC memastikan bahwa seluruh crew Whoosh dalam kondisi prima sebelum bertugas setelah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan yang ketat. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan perjalanan serta memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh penumpang Whoosh.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, terdapat total 800 personel yang terdiri dari 70 masinis, 42 orang teknisi kereta, 239 petugas pelayanan di atas kereta, serta 449 petugas pelayanan di stasiun harus melalui berbagai pemeriksaan kesehatan menyeluruh guna memastikan kondisi fisik yang optimal.
"Bagi masinis dan petugas di atas Whoosh pemeriksaan mencakup tes alkohol, pengecekan tekanan darah, suhu tubuh, nadi, dan saturasi oksigen, serta asesmen untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh," kata Eva dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu, 22 Maret 2025.
Petugas kereta cepat Whoosh cek kesehatan sebelum bertugas
- Dok. KCIC
Ia menjelaskan, prosedur ini menjadi bagian dari upaya KCIC dalam menjaga standar keselamatan tertinggi dan memastikan bahwa petugas dalam keadaan prima saat mengoperasikan Whoosh.
Pemeriksaan kesehatan yang ketat, lanjutnya, tidak hanya diterapkan bagi masinis, tetapi juga bagi seluruh petugas di stasiun. Sebelum berdinas, mereka harus menjalani serangkaian asesmen kesehatan yang mencakup pengecekan kondisi fisik secara umum serta kesiapan fisik untuk melayani penumpang.
Kereta cepat Whoosh.
- Dok. Humas PT KCIC
Eva menambahkan, bagi petugas pelayanan, pengecekan secara menyeluruh juga meliputi kerapian diri mulai dari seragam, rambut, hingga kebersihan. KCIC ingin memastikan bahwa petugas pelayanan memiliki penampilan yang rapi dan profesional agar memberikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan bagi penumpang.
"Pemeriksaan kesehatan dan kesiapan 800 petugas Whoosh sebelum bertugas adalah bagian dari komitmen KCIC dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya di masa angkutan lebaran 2025. Dengan kesiapan petugas serta prosedur pemeriksaan yang ketat, kami ingin memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi seluruh penumpang,” tutup Eva.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan Whoosh, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun atau Contact Center KCIC melalui ke 150909, WhatsApp chat ke 0815-1032-0909, email ke cs@kcic.co.id, serta Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.