Menteri Riefky Gandeng KAI untuk Kembangkan Industri Kreatif di Stasiun Kereta
- Istimewa
Jakarta, VIVA - Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya bersama Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo meluncurkan branding tematik karakter komik lokal di stasiun dan gerbong kereta secara serentak dalam rangka mendukung industri kreatif anak bangsa pada Jumat, 14 Maret 2025.
Menurut Riefky, gagasan ini diinisiasi oleh Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada Menteri Ekonomi Kreatif melalui aktivasi ruang publik seperti bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan. Apalagi, kata dia, saat ini momentumnya jelang Ramadan dan Mudik Lebaran tahun 2025.
“Kemenekraf akan terus memfasilitasi para kreator untuk dapat semakin tampil dan dikenal melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk kerja sama dengan KAI di Stasiun Gambir pada hari ini,” kata Riefky pada Jumat, 14 Maret 2025.
Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya
- Istimewa
Sebelumnya, Kementerian Ekonomi Kreatif telah berkolaborasi melalui aktivasi game corner di Bandara Soekarno-Hatta, kolaborasi IP Webcomic Tahilalats dengan Garuda Indonesia, dan IP animasi wayang Desa Timun di TMII. Kini, sedang dalam tahap koordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk aktivasi selanjutnya di terminal dan pelabuhan.
Tentunya, Riefky mengatakan dengan mendukung industri kreatif anak bangsa melalui branding tematik karakter komik lokal di stasiun dan gerbong kereta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang ditargetkan Presiden Prabowo Subianto.
“Pemerintah meyakini bahwa industri kreatif dapat menciptakan lapangan kerja berkualitas bagi generasi muda, sekaligus berkontribusi terhadap target pertumbuhan ekonomi 8 persen,” ujarnya.
Sementara Direktur Utama PT. KAI, Didiek Hartantyo mengatakan untuk tahap pertama branding IP karakter komik lokal ini akan dilakukan serentak di 11 stasiun yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang Bank Jateng, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, dan Jember. Adapun, rute kereta pada 5 yaitu Jakarta-Surabaya, Bandung-Surabaya, Jakarta-Malang, Jakarta-Banyuwangi, dan Jakarta-Yogyakarta.
“PT KAI sangat mengapresiasi kerja sama ‘sat-set’ bersama Kemenekraf yang merupakan penanda, bahwa PT. Kereta Api Indonesia akan terus beradaptasi dan berinovasi dengan kolaborasi kreatif seperti ini. Kami akan menyajikan customer experience yang unik dan menyenangkan dari satu titik ke titik stasiun lain, sesuai dengan tagline mudik tahun ini, yaitu ’Kereta Melaju, Rindu Menggebu’. Semoga kerja sama ini dapat bangkitkan ekonomi kreatif sekaligus mendukung ekosistem transportasi di Indonesia yang lebih berdaya saing,” jelas Didiek.
