BTN Relokasi Kantor Wilayah Jawa Barat ke Bandung, Tindak Lanjut Permintaan OJK
- Dok. BTN
VIVA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi merelokasi Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat dari Bekasi ke Bandung.
Langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap permintaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menginginkan BTN memiliki kantor wilayah di Bandung, mengingat sebelumnya BTN menjadi satu-satunya bank dengan Kanwil Jawa Barat yang berlokasi di Bekasi.
Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, menyampaikan harapannya bahwa relokasi ini akan memperkuat ekspansi dan meningkatkan volume transaksi BTN di wilayah Jawa Barat.
“Kami berharap bisa memperluas ekspansi terutama transaksi BTN di Jawa Barat dengan hadirnya Gedung Kantor Baru Kanwil BTN Jawa Barat di Bandung,” ujar Nixon pada Jumat (28/2/2025).
Kanwil BTN Jawa Barat kini mengawasi 10 Kantor Cabang (KC), 80 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 5 Kantor Cabang Syariah (KCS), dan 11 Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS). Dengan jaringan yang luas ini, BTN optimistis dapat mempercepat penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi.
Target Ambisius untuk Perumahan Rakyat
Suasana layanan kepada nasabah di Bank Tabungan Negara.
- Dokumentasi BTN.
Diketahui, BTN menargetkan penyaluran KPR subsidi untuk 350.000 rumah secara nasional, di mana sekitar 35%-40% akan berasal dari Jawa Barat.
Dengan pasokan properti lebih dari 500.000 unit dari developer mitra BTN di seluruh Indonesia, perseroan yakin dalam 10 bulan ke depan dapat merealisasikan kredit untuk 140.000 rumah di Jawa Barat.
Selain itu, BTN juga berfokus menggarap segmen masyarakat berpenghasilan tanggung (MBT) atau kelas menengah bawah, dengan menyediakan rumah seharga hingga Rp400 juta.
"Kami belum tahu berapa volumenya, tapi diperkirakan sekitar 30.000–40.000 unit, dan di Jawa Barat pasti banyak peminatnya, termasuk di Bandung. Biasanya, mereka ini adalah pekerja di tengah kota Bandung dengan gaji antara Rp7 juta sampai Rp12 juta," jelasnya.
Transformasi Digital dan Inovasi Pelayanan
Gedung Bank Tabungan Negara (BTN)
- VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Dari sisi digitalisasi, BTN mencatat perkembangan pesat pada aplikasi Bale by BTN, yang kini memiliki 2,3 juta pengguna dengan volume transaksi Rp 6,6 triliun per bulan. Setiap bulannya, aplikasi ini berhasil menarik 100.000 pengguna baru.
Untuk meningkatkan pelayanan, BTN terus melakukan modernisasi outlet dan kantor cabang, termasuk membuka BTN Digital Store. Tahun ini, BTN menargetkan penambahan delapan Digital Oriented KC (termasuk KC Bandung), empat Digital Oriented KCP, dan enam Digital First.
Dengan relokasi Kanwil ke Bandung, penguatan jaringan cabang, serta inovasi digital yang berkelanjutan, BTN semakin mantap memperkokoh posisinya sebagai bank yang berperan penting dalam mendukung kepemilikan rumah bagi masyarakat, khususnya di Jawa Barat.