SDM Kreatif dan Berdaya Saing Jadi Kunci RI Jadi 5 Negara dengan Ekonomi Terbesar pada 2045

Ilustrasi Gen Z
Sumber :
  • Pexels.com

Jakarta, VIVA – Indonesia perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung target besar ekonomi negara pada 2045. Sebab, perekonomian Indonesia, diprediksi akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia, berkat adanya bonus demografi

Anindya Bakrie di Forum CEO India-Indonesia: RI Serius Bermitra untuk Ketahanan Pangan

Bonus demografi tersebut, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan populasi usia produktif terbesar. Untuk memanfaatkan potensi itu, maka perlu pengembangan SDM yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing global.

Memasuki tahun baru 2025, Creative Classroom Indonesia untuk pertama kalinya diselenggarakan di Jakarta. Acara ini bertujuan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan berdaya saing global. 

Bangun SDM, Pertamina Dukung Talenta Olahraga Nasional

Mengusung tema “Creative Shore”, acara ini diadakan di Dreamville Beach Club, Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta, dan dihadiri oleh hampir 100 peserta yang sebagian besar adalah anak muda Indonesia. Kegiatan ini juga bertujuan menciptakan sebuah komunitas kreatif yang inklusif bagi mereka yang ingin mengembangkan diri, memperluas jaringan, dan membuka berbagai peluang baru.

Kemenperin Bantah Kualitas SDM Jadi Alasan Apple Enggan Bangun Pabrik di RI

Seperti disebutkan tadi, Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu dari lima negara dengan perekonomian terbesar dunia pada tahun 2045, berkat bonus demografi. Pada tahun tersebut, sebanyak 213 juta penduduk Indonesia diprediksi berada pada usia produktif. 

Visi "Indonesia Emas" yang mengarah pada peningkatan perekonomian, akan tercapai jika Indonesia mampu memaksimalkan potensi SDM yang kreatif, sehat, dan berdaya saing global. Hal ini disampaikan Glenn Harrison, Head of Creative Classroom Indonesia. 

"Melalui Creative Classroom Indonesia, kami memiliki misi besar untuk membangun sebuah komunitas pembelajar yang kreatif dan inklusif, serta memiliki dorongan kuat untuk terus meng-upgrade diri mereka sehingga mampu bersaing," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Kamis, 30 Januari 2025.

"Walaupun ini pertama kalinya diadakan, kami sangat senang melihat antusias para peserta yang mau jauh-jauh datang dan berpartisipasi aktif di berbagai sesi. Kami juga sangat mengapresiasi para narasumber yang mau meluangkan waktu di tengah kesibukan mereka untuk ikut berbagi kepada para peserta," kata Glenn.

Para narasumber dalam kegiatan ini, berasal dari berbagai latar belakang, termasuk pengusaha muda, content creator, pengacara, hingga profesional senior di bidang perbankan. Mereka antara lain Abibayu (Content Creator dan VP Social Bread Enterprise), Hutomo Joe (Semasa), Edward Rimba (UNTOLD), Graciella Anastasia (VOC Studio), dan banyak lagi. 

Setiap pembicara berbagi ilmu tentang berbagai topik penting seperti strategi branding, desain kreatif, dan pengembangan bisnis bagi anak muda.

Sebagai salah satu pembicara, Roni Timothy, Founder VERSHOME, berharap kegiatan ini dapat menginspirasi anak muda Indonesia untuk terus meningkatkan kompetensi diri dan mempersiapkan SDM yang unggul. "Melalui kegiatan Creative Classroom Indonesia, kami berharap bisa melahirkan dan menginspirasi semakin banyak anak muda Indonesia yang berani bermimpi besar, kreatif, dan haus untuk terus meningkatkan kompetensi diri, sehingga mempersiapkan SDM yang unggul dan bersaing di kancah dunia dalam berbagai industri," ujarnya.

"Kedepannya, kami akan rutin mengadakan Creative Classroom Indonesia untuk menjangkau lebih banyak individu dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan dampak positif bagi anak muda Indonesia," tambah Roni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya