Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Naik 8,15 Persen saat Nataru

Pergerakan penumpang di terminal 3 bandara soetta, tangerang pada periode natal dan tahun baru 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang, VIVA – Angkasa Pura Indonesia (API) Kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mencatat adanya kenaikan yang signifikan selama periode natal dan tahun baru 2024-2025. Di mana, tren positif tercatat dengan kenaikan 8,15 persen selama 18 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025 untuk pergerakan penumpang, dibandingkan periode yang sama di tahun 2023-2024.

Datangi Pasar di Tangerang, Menteri Tito Paparkan Penyebab Harga Komoditas Naik Usai Nataru

Berdasarkan data yang diterima, pergerakan penumpang tercatat sebanyak 2.646.276 orang, mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama dari tahun lalu. Sementara itu, jumlah pergerakan pesawat mencapai 17.521 penerbangan atau meningkat 5,63 persen dari tahun sebelumnya.

Asst. Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi mengatakan, lonjakan pergerakan ini merupakan tren positif yang mencerminkan meningkatnya aktivitas transportasi udara di Indonesia.

Lonjakan Kendaraan Lebih Besar dari Nataru, Polri Siapkan Pengamanan Lebaran Idul Fitri 2025

"Ini adalah hal yang positif, ditambahnya banyaknya kebijakan dari pemerintah yang diberikan. Sehingga, kami memprediksi pergerakan penumpang akan terus meningkat hingga 5 Januari 2025, khususnya di terminal penerbangan domestik yang menjadi pusat arus balik tahun ini," katanya, Sabtu, 4 Januari 2024.

Antrean penumpang di area check-in keberangkatam internasional terminal 3 bandara soekarno-hatta, tangerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
Ini Dia Wisatawan Asing Pertama yang Mendarat di Bali Awal Tahun 2025

Peningkatan ini juga didukung oleh kebijakan pengurangan Passenger Service Charge (PSC) yang diterapkan oleh Bandara Soekarno-Hatta selama periode Natal dan Tahun Baru.

"Langkah ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mendorong mobilitas masyarakat melalui transportasi udara di masa libur panjang," ujar dia.

Dalam periode natal dan tahun baru ini, pihaknya juga mengoptimalkan berbagai layanan digital untuk mempermudah dan memangkas waktu para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan.

"Kami juga dukung dengan sejumlah layanan digital, seperti self check-in, hal ini untuk memberikan kemudahan dan bisa memangkas waktu si calon penumpang," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya