Taspen Catat Terima 106 Permohonan Informasi Melalui PPID hingga Desember 2024

Andal by Taspen.
Sumber :
  • Dokumentasi Taspen.

Jakarta, VIVA – PT Taspen menegaskan komitmennya dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik di setiap lini bisnis dan operasional, termasuk dalam memastikan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

Indonesia Re Berinovasi Dongkrak Transparansi dan Akuntabilitas, Ini Hasilnya

Komitmen tersebut pun meraih apresiasi dengan berhasil mempertahankan Predikat Informatif dalam ajang Anugerah Keterbukaan  Informasi Publik Tahun 2024. Predikat Informatif ini merupakan penghargaan tertinggi untuk badan publik yang telah mengikuti Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik sesuai  dengan implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun tentang Keterbukaan Informasi Publik  pada Badan Publik.

Predikat Informatif yang diraih Taspen pada tahun 2024 ini menjadi pencapaian kelima sejak tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Komisioner Komisi Informasi Pusat sekaligus Ketua Bidang Kelembagaan, Handoko Agung Saputro, kepada Corporate Communication & Media Relations Taspen, Rizky Bachrudin di Jakarta.

TASPEN Salurkan Dukungan Untuk Korban Tsunami Aceh Lewat Program Pensiun Yatim Piatu

Layanan Khusus Taspen.

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.

“Penghargaan ini menjadi bukti nyata atas upaya Taspen dalam memberikan akses informasi yang terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan kepada peserta dan masyarakat Indonesia. Ke depan, Taspen akan terus meningkatkan kualitas layanan informasi publik dan berkomitmen memperkuat kepercayaan masyarakat, khususnya para peserta di seluruh Indonesia,” ujar Corporate Secretary Taspen Henra dikutip dari keterangannya, Jumat, 27 Desember 2024.

PT JIEP Resmi Berubah Status Jadi Perseroan Daerah

Henra mengungkapkan, hingga Desember 2024, Taspen telah menerima 106 permohonan informasi melalui PPID. Taspen meresponsnya dengan rata-rata waktu penyelesaian 6 hari kerja, jauh lebih cepat dibandingkan batas waktu yang ditetapkan pada UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yaitu 10 hari kerja.

“Selain itu, melalui aplikasi Taspen Care, telah diterima 18.996 permintaan informasi dan pengaduan, dengan tingkat penyelesaian mencapai 100 persen dari total permintaan informasi dan aduan yang masuk,” tambahnya.

Taspen berkomitmen untuk terus memberikan layanan keterbukaan informasi yang inklusif bagi seluruh masyarakat, termasuk penyandang disabilitas sesuai Peraturan Komisi Informasi RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik. Langkah ini sejalan dengan strategi Kementerian BUMN dan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

Taspen.

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.

Penghargaan ini diikuti oleh 363 Badan Publik di Indonesia dan diraih berdasarkan hasil monitoring serta evaluasi komprehensif oleh tim penilai terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang dilakukan Taspen sepanjang tahun 2024. Dari seluruh Badan Publik yang berpartisipasi, sebanyak 65 di antaranya merupakan Badan Publik dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

“Dari 363 Badan Publik yang mengikuti monitoring evaluasi Keterbukaan Informasi Publik tahun  2024, sebanyak 44,63% (162 Badan Publik) berhasil meraih kategori Informatif. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2023 di mana hanya 162 dari 369 Badan Publik yang mencapai kategori tersebut. Peningkatan ini menunjukkan adanya upaya berkelanjutan dari Badan Publik untuk meningkatkan transparansi dan akses publik terhadap informasi,” ujar Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia, Donny Yoesgiantoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya