Tren Live Shopping Makin Diminati Konsumen, Ternyata Faktor Ini Jadi Alasannya!

Ilustrasi Live Shopping
Sumber :
  • Shutterstock/BaLL LunLa

Jakarta, VIVA – Live shopping saat ini menjadi fenomena baru dalam berbelanja online. Tren ini memungkinkan pembeli untuk berbelanja secara langsung melalui siaran langsung, di mana mereka dapat berinteraksi dengan penjual, melihat produk secara detail, dan menikmati ragam promo menarik.

Hindari Boros! 5 Tips Cerdas Atur Keuangan Rumah Tangga di Tengah Tren Belanja Online

Menurut survei Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Consumer Behavior on Live Shopping, promo dan diskon menjadi daya tarik utama. Survei ini dilakukan pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Hasilnya, 99 persen responden menyebut diskon, harga terjangkau, dan gratis ongkir sebagai alasan utama mengikuti live shopping. “Konsumen cenderung menggunakan live shopping untuk mencari promo terbaik dan mendalami deskripsi produk,” kata Research Director KIC Gundy Cahyadi seperti dikutip dari siaran pers, Jumat, 6 Desember 2024.

Perkaya Pengalaman Berbelanja, Shopee Wujudkan Inovasi bagi Brand Lokal dan Konten Kreator

Ilustrasi online shop, belanja online.

Photo :
  • freepik

Sebanyak 97 persen responden menyukai beragam produk yang ditawarkan, sementara 75 persen tertarik karena produk eksklusif yang hanya dijual saat live. Menariknya, live shopping juga memikat mereka yang belum pernah berbelanja online.

60 Pedagang Makassar Jadi Korban Penipuan Aplikasi Belanja Online, Kerugian Capai Rp5 Miliar

Sebanyak 63 persen responden mengaku tertarik mencoba karena banyaknya penawaran menarik. Selain itu, 40 persen merasa lebih percaya pada kualitas produk karena dapat melihatnya secara langsung, sedangkan 37 persen menyebut deskripsi produk yang rinci menjadi keunggulan.

Bagi brand lokal, tentu tren ini membuka peluang besar. Menurut survei, 31 persen responden memilih produk lokal karena harga terjangkau, sementara 28 persen melakukannya untuk mendukung merek Indonesia.

"Cerita yang menarik di balik produk lokal dapat menjadi daya tarik utama dalam meningkatkan penjualan di live shopping," jelas Gundy.

Selain itu, 50 persen responden aktif meminta host membahas produk yang mereka incar. Promo tanggal kembar dan flash sale juga menjadi momen favorit berbelanja. "Live shopping adalah platform efektif bagi UMKM untuk menjangkau pasar lebih luas dan memperkuat hubungan dengan konsumen," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya