Tren Belanja Online Kuartal IV 2024, Fashion Lokal dan Batik Jadi Sorotan

Tren Belanja Online Kuartal IV 2024 di Tokopedia dan ShopTokopedia
Sumber :
  • Istimewa

Solo, VIVA – Platform e-commerce Tokopedia dan ShopTokopedia terus mendukung pertumbuhan pelaku usaha di Indonesia, salah satunya termasuk brand lokal seperti Batik Arkanza dari Jawa Tengah. Upaya ini menunjukkan bahwa industri fesyen dalam negeri memiliki potensi besar untuk berkembang lebih jauh.  

Intip Tren Fesyen 2025, Warna Soft Pink hingga Motif Leopard Bakal Jadi Favorit

Secara nasional, Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat peningkatan signifikan pada produk fashion seperti kaos, blouse, outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu. Transaksi untuk kategori ini meningkat hampir tujuh kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di Jawa Tengah, peningkatan lebih tinggi terjadi pada jeans, blouse, outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu dengan rata-rata kenaikan lebih dari 8,5 kali lipat.  

Ilustrasi pakaian batik.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko
Desainer Ini Luncurkan Koleksi MADRE, Terinspirasi dari Peran Luar Biasa Seorang Ibu

Antonia Adega, Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce, menjelaskan bahwa berbagai inisiatif telah diluncurkan untuk mendukung industri fashion lokal, termasuk program beberapa program yang memang ditawarkan.

"Untuk makin mendorong geliat industri fashion termasuk batik dalam negeri, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam inisiatif, seperti Promo Guncang, Beli Lokal, dan Melokal Dengan Batik,” ujar Adega di Solo pada Kamis, 5 Desember 2024. 

Ivan Gunawan Ajak Desainer Indonesia Berbagi Panggung di GARIS POETIH

Kampanye Promo Guncang yang digelar setiap tanggal kembar menawarkan berbagai keuntungan seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon. Pada puncak Promo Guncang 11.11 tahun ini, transaksi di ShopTokopedia melalui fitur LIVE di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat. Selain itu, program “Beli Lokal” menyediakan etalase khusus bagi brand lokal untuk memudahkan akses masyarakat terhadap produk lokal berkualitas.  

Selama promo, kategori fashion menjadi salah satu yang paling diminati, dengan beberapa brand lokal mencatat kenaikan penjualan hingga 21 kali lipat. Tidak hanya fashion, produk dari kategori groceries, elektronik, dan rumah tangga juga menunjukkan lonjakan transaksi hingga 24 kali lipat.  

Tren Belanja Online Kuartal IV 2024 di Tokopedia dan ShopTokopedia

Photo :
  • Istimewa

Melalui program tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia berfokus pada peningkatan kemampuan pelaku usaha batik dengan langkah-langkah seperti digitalisasi, pelatihan, dan peningkatan kapasitas produksi. Program ini juga bertujuan mendorong minat masyarakat terhadap batik lokal.  

Hasilnya, di tingkat nasional, produk batik seperti jaket, blouse, kain, dan rok batik mengalami peningkatan transaksi hingga enam kali lipat. Di Jawa Tengah, aksesoris batik seperti blangkon dan syal juga mencatat kenaikan hampir empat kali lipat.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya