Unggul di Dimensi Data dan Kolaborasi, Transformasi Digital BRI Berbuah Prestasi di Digital Banking Awards 2024
- BRI
VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali memperoleh apresiasi atas keberhasilannya dalam menjalankan transformasi digital dengan meraih dua penghargaan dalam ajang Digital Banking Awards (DBA) 2024. Penghargaan tersebut diterima BRI untuk kategori Dimensi Data dan Dimensi Kolaborasi.
DBA 2024 diselenggarakan oleh Intellectual Business Community (IBC) bersama Investortrust.id, mengusung tema “Leading Digital Banking with AI, Data Protection, and SuperApps” diselenggarakan Hotel Aryaduta Jakarta (26/11).
Penilaian dilakukan berdasarkan enam dimensi utama kematangan digital, yaitu Dimensi Data, Teknologi, Manajemen Risiko, Kolaborasi, Tatanan Institusi, dan Customer, yang mencerminkan standar tertinggi dalam transformasi digital di industri perbankan.
Atas pencapaian tersebut, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M Nugraha menyampaikan apresiasinya atas penghargaan ini.
“Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen BRI dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Kami akan terus berinovasi untuk menghadirkan solusi perbankan digital yang inklusif, efisien, dan relevan bagi masyarakat,” ujarnya.
Keberhasilan BRI dalam Dimensi Data mencerminkan keunggulannya dalam mengelola dan memanfaatkan data untuk mendukung pengambilan keputusan strategis serta memberikan layanan yang lebih personal dan responsif kepada nasabah. Hal ini tercermin dalam kemampuan BRI untuk menciptakan solusi berbasis data yang mengoptimalkan efisiensi operasional dan menghadirkan pengalaman perbankan yang unggul.
Penghargaan pada Dimensi Kolaborasi juga memperkuat reputasi BRI sebagai mitra strategis yang andal. Dengan membangun kolaborasi lintas sektor bersama institusi keuangan, startup, serta berbagai industri lainnya, BRI berhasil menciptakan ekosistem digital yang mendukung inovasi serta pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.
Selama beberapa tahun terakhir, BRI telah memperkuat posisinya melalui berbagai inisiatif digital, seperti peluncuran aplikasi BRImo yang menghadirkan kemudahan akses layanan finansial kapan saja dan di mana saja. Selain itu, BRI juga memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan analitik data untuk merancang solusi yang mendukung pemberdayaan UMKM, segmen vital bagi perekonomian Indonesia.
Selain itu sejak tahun 2018 BRI telah memiliki BRIAPI, dimana BRIAPI adalah solusi open banking yang memungkinkan ribuan mitra pihak ketiga untuk mengintegrasikan berbagai produk dan layanan BRI ke dalam platform mereka. Dengan ratusan produk API, BRIAPI menyediakan fitur perbankan informasional, seperti informasi mutasi dan rekening, hingga layanan transaksional seperti transfer, BRIVA, Co-branding Credit Card, Tarik Tunai Tanpa Kartu, dan QRIS. Kehadiran BRIAPI mempermudah pemilik platform digital untuk menyediakan layanan pembayaran dan informasi dari BRI.
"Dengan terus mengedepankan solusi yang fleksibel dan mudah diakses, BRI berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam memperluas akses perbankan, memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan keuangan digital yang aman dan andal,” pungkasnya.
Melalui transformasi digital yang tengah dijalankan, BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan demi memudahkan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan inovasi digital yang berkelanjutan, BRI optimis dapat menciptakan ekosistem perbankan yang lebih inklusif, memberdayakan komunitas, dan mendorong transformasi ekonomi digital secara menyeluruh. Langkah ini sejalan dengan visi BRI untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.