Cara Pertamina Dorong UMKM Binaan Regional Naik Kelas ke Nasional

Mendorong UMKM naik kelas [dok. Humas Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas. Kali ini, Pertamina Patra Niaga Regional JBB telah menggelar rangkaian pameran Small Medium Enterprise (SME) Market 2024, yang diikuti oleh 20 UMKM program binaannya.

Halal Expo Istanbul Jadi Ajang Promosi Produk UMKM Indonesia

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Muslim Dharmawan mengatakan, para UMKM tersebut berasal dari peserta UMK Academy kelas 2 di wilayah Regional JBB, pada bidang Fashion, Craft, dan Food & Beverage.

"Yang mana ini merupakan program pembinaan yang menandai perjalanan dari UMK kelas regional menuju kelas nasional," kata Muslim dalam keterangannya, Senin, 18 November 2024.

PNM dan BPOM Ungkap Cara UMKM Pangan Naik Kelas

UMKM binaan Pertamina di Inacraft 2024.

Photo :
  • Dok. Pertamina

Pameran yang berlangsung sejak hari Jumat, 15 November hingga Minggu, 17 November 2024 di Mall Festival Citylink, Bandung tersebut, merupakan pameran keempat dan terakhir yang diadakan di tahun 2024.

WE Finance Code Dorong Pengembangan Pelaku UMKM Perempuan

Acara ini juga menjadi kegiatan untuk memeriahkan UMKM yang ada di wilayah operasional regional JBB, yang berhasil menarik pengunjung untuk datang dengan jumlah yang sangat luar biasa.

"Alhamdulillah pengunjung yang datang sangat luar biasa dan antusias sehingga menjadikan acara ini lebih dari sekedar pameran," ujarnya.

Lebih lanjut, Muslim memastikan bahwa pihaknya juga dapat menyerap 10-15 persen dari total pengunjung yang ada. "Terima kasih atas UMKM yang telah berpartisipasi dan mari bersama-sama kita majukan UMKM lokal di Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain, beberapa peserta UMK yang berpartisipasi dalam pameran SME Market 2024 pun turut membagikan cerita serta motivasinya, dalam menjalankan bisnis dan mengikuti program UMK Academy. D imana salah satunya yaitu Vidi Ferdinand, sebagai pemilik usaha Tinatani Indonesia. 

"Bisnis saya berjalan sejak 2019 dan terinspirasi dari keterbatasan orang-orang yang ingin berbelanja namun kesulitan untuk mencari barang khususnya buah dan sayuran. Alasan saya mengikuti UMK Academy karena program ini diinisiasikan oleh Pertamina dengan proses dan tahapan pembinaan yang banyak mulai dari produksi, administrasi keuangan hingga disiapkan event pameran seperti saat ini melalui proses kurasi," kata Vidi.

"Saya bangga menjadi bagian dari Pertamina, serta untuk harapan ke depannya semoga kami mendapat potensial buyer dari produk-produk yang kami jajakan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya