BNI Tegaskan Integrasi Layanan Digital Perbankan Bisa Tingkatkan Inklusi Keuangan Masyarakat

Wondr by BNI
Sumber :
  • Dokumentasi BNI.

Jakarta, VIVA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menegaskan komitmennya dalam memperluas literasi dan inklusi keuangan di era digital. Terutama dengan pesatnya layanan keuangan yang terintegrasi dalam satu platform.

KAI dan BNI Resmikan Nama Baru Stasiun Dukuh Atas

Hal ini diungkapkan Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI Hussein Paolo Kartadjoemena disela Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2024 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) di Jakarta, kemarin.

Paolo dalam diskusi yang bertajuk ‘Embed to Expand: The Future of Bank and Fintech’ menekankan pentingnya embedded finance atau pembiayaan yang terintegrasi layanan digital perbankan dengan produk dan layanan keuangan lain. Upaya ini berperan penting dalam meningkatkan ekosistem digital dan memperluas inklusi keuangan terutama bagi Masyarakat yang belum terlayani.

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi
Fintech Summit & Expo (IFSE) 2024.

Fintech Summit & Expo (IFSE) 2024.

Photo :
  • dokumentasi BNI.

"Ini tentang membuat masyarakat lebih mudah mengakses layanan keuangan tanpa harus menggunakan website atau aplikasi terpisah," ujar Paolo dikutip dari keterangannya, Selasa, 13 November 2024.

BNI Adakan Program Edukasi Keuangan Diikuti Ribuan Guru dan Pelajar, Antisipasi Terjerat Pinjol dan Judol

Selain itu, embedded finance diharapkan juga dapat meningkatkan aktivitas transaksi digital dan nilai transaksi dalam satu ekosistem, serta mendorong partisipasi yang lebih luas dalam ekonomi digital. Paolo memberikan contoh kemudahan bagi pengguna e-Commerce yang dapat berbelanja hanya melalui satu aplikasi, bahkan memilih metode pembayaran yang paling sesuai dan dinilai lebih menguntungkan.

"Misalnya, ternyata ada diskon untuk opsi pembelian menggunakan cicilan atau paylater," tambahnya.

Kendati demikian, Paolo mengingatkan bahwa kemudahan akses harus disertai dengan peningkatan literasi masyarakat dalam menggunakan layanan keuangan digital. Literasi sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, kepercayaan, dan kebiasaan masyarakat dalam membuat keputusan yang tepat dalam menggunakan layanan keuangan.

BNI.

Photo :
  • Dokumentasi BNI.

Karena itu dia menegaskan, BNI terus berkomitmen mendorong inklusi keuangan dengan berpartisipasi aktif dalam membangun ekosistem keuangan inklusif melalui berbagai inisiatif dan inovasi layanan keuangan digital.

Saat ini, BNI menawarkan sekitar 280 layanan Application Programming Interface (API) dan bekerja sama dengan lebih dari 2.000 mitra. Tujuan utamanya adalah untuk memperluas layanan keuangan dan meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi.

"BNI berkomitmen untuk menghadirkan inovasi serta keberagaman dalam layanan perbankan, sehingga dapat memberikan solusi yang lebih efisien dan relevan bagi kebutuhan pelanggan di era digital," tutup Paolo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya