Berlomba-lomba Genjot Inovasi, E-Commerce Mana Paling Populer di Indonesia saat Ini?

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • Pixabay/ Preis_King

Jakarta, VIVA – Kehadiran e-Commerce telah mengubah cara masyarakat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai fitur dan program inovatif yang ditawarkan oleh platform e-Commerce, kini membuat pengalaman belanja lebih mudah dan praktis.

Perkaya Pengalaman Berbelanja, Shopee Wujudkan Inovasi bagi Brand Lokal dan Konten Kreator

Kapan pun dan di mana pun, pengguna dapat mencari dan membeli berbagai produk sesuai kebutuhan. Anda tinggal melakukan beberapa klik di ponsel, dan barang yang Anda butuhkan akan diantar ke rumah Anda.

Lalu, platform e-Commerce mana yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia? Ada beberapa aspek penting, seperti keamanan transaksi, kemudahan pengiriman, metode pembayaran, dan fitur belanja interaktif, yang menjadi pertimbangan utama pengguna dalam memilih aplikasi belanja online.

60 Pedagang Makassar Jadi Korban Penipuan Aplikasi Belanja Online, Kerugian Capai Rp5 Miliar

Berdasarkan riset Ipsos Indonesia, berikut adalah daftar aplikasi belanja online favorit warga Indonesia. Apa saja? Simak informasi lengkapnya seperti dirangkum dari siaran pers, Rabu, 30 Oktober 2024.

1. Shopee

Shopee Ungkap Penjualan Produk UMKM Brand Lokal Naik 7 Kali Lipat pada Momen Ini

E wallet ShopeePay

Photo :
  • fptshop.com

Di urutan pertama, ada Shopee yang menduduki peringkat paling atas dengan 62 persen responden yang merekomendasikannya kepada orang lain, menjadikannya sebagai platform e-Commerce paling populer di Indonesia.

Shopee juga unggul dalam pilihan pengiriman, dengan 66 persen responden menganggapnya memiliki layanan pengiriman terlengkap. Lalu, dari segi metode pembayaran, Shopee dinilai paling lengkap oleh 64 persen responden. Kecepatan pengiriman juga menjadi keunggulan Shopee, dengan 60 persen responden memilihnya sebagai yang terbaik.

2. Tokopedia

Kategori Rumah Tangga, Fesyen serta Olahraga dan Hobi menjadi yang paling laris di Tokopedia. Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, dan lain-lain.

Photo :

Tokopedia menempati posisi kedua dengan 46 persen responden yang merekomendasikannya kepada orang lain. Platform ini unggul dalam keamanan dan fleksibilitas pembayaran, dengan 15 persen responden memilih Tokopedia untuk metode pembayaran yang beragam. Tokopedia juga menjadi pilihan untuk pengiriman cepat, dengan 16 persen responden yang merasa puas dengan layanannya.

3. TikTok Shop

TikTok Shop menarik perhatian dengan fitur live shopping, yang diunggulkan oleh 17 persen responden. Selain itu, 18 persen responden menganggap TikTok Shop sebagai platform yang memiliki video pendek paling menarik, menjadikannya pesaing kuat dalam aspek interaksi belanja visual.

4. Lazada

Lazada menjadi pilihan bagi pengguna yang mengutamakan program diskon dan flash sale, dengan 36 persen responden merekomendasikannya kepada orang lain. Lazada juga dianggap unggul dalam keamanan transaksi dengan berbagai metode pembayaran yang didukung, di mana 11 persen responden menganggapnya sebagai pilihan yang aman.

Andi Sukma, Executive Director Ipsos Indonesia mengungkapkan, meningkatnya minat belanja online membuka peluang besar bagi platform e-Commerce untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen. E-commerce juga dinilai masih menjadi tempat berinvestasi yang tepat bagi Penjual untuk memperluas pasarnya dan terus bertumbuh.

“Terlihat bahwa para pemain e-Commerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat. Namun, yang akan dicari oleh masyarakat hanya yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online,” ungkapnya.

Menurutnya, kepuasaan melalui berbagai aspek penting yang mampu dipenuhi oleh Shopee, membuat Shopee unggul sebagai pilihan utama konsumen Indonesia untuk menciptakan pengalaman belanja online yang holistik dan terpercaya.

“Strategi ekosistem yang dihadirkan Shopee untuk memuaskan masyarakat menunjukkan kesiapan mereka dalam menghadapi volume tinggi selama periode festival belanja di akhir tahun ini," tutupnya.

Itulah platform-platform e-Commerce yang terus bersaing untuk memberikan pengalaman belanja terbaik bagi pengguna. Adanya ragam fitur dan inovasi yang ditawarkan, pengguna dapat memilih aplikasi belanja online yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Mana tempat belanja favorit Anda?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya