Prabowo Minta Menteri hingga Eselon I Pakai Mobil Buatan Pindad, Tak Boleh Impor

Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu mengungkapkan, Presiden Prabowo Subianto meminta agar para menteri dan eselon I untuk tidak lagi menggunakan mobil dinas impor. Sebab diketahui mobil dinas para menteri saat ini adalah Toyota Alphard.

Belum Lama Dikenalkan, MV3 Garuda Presiden Prabowo Sudah Masuk Bengkel Servis Kaki-kaki

Anggito mengatakan, sebagai gantinya para menteri, wakil menteri, dan eselon I akan menggunakan mobil buatan Pindad untuk menunjang kegiatan sehari-harinya.

"Minggu depan saya akan pakai mobilnya maung itu, mobilnya Pindad. Karena Pak Prabowo sudah bilang, minggu depan tidak ada lagi barang impor untuk mobil eselon I sama menteri," ujar Anggito dalam acara Dies Natalis ke-15 & Lustrum III Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada 2024 Senin, 28 Oktober 2024.

Prabowo Sapa Warga Tinggalkan Akmil Naik Maung Garuda

Anggito menjelaskan, mobil yang dibuat oleh Pindad itu sudah dirancang 70 persennya adalah buatan dalam negeri. Namun, Anggito tidak menyebutkan jenis mobil maung apa yang akan digunakan.

Maung MV3 Garuda Limousine

Photo :
  • PT Pindad
Tiba di Yogyakarta, Presiden Prabowo Sapa Warga dari Atas Maung Garuda

"Profesor Sigit Santosa dari ITB (Direktur Teknologi dan Pengembangan Pindad) yang menyampaikan dia merancang mobil Indonesia 70 persen itu dari produk dalam negeri," katanya.

Sebagaimana diketahui, saat pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024 kemarin. Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Gedung Nusantara menggunakan kendaraan Maung MV3 Garuda Limousine dengan pelat 'Indonesia 1" menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose dalam keterangan resminya turut menyampaikan rasa bangga atas penggunaan MV3 Garuda Limousine dalam pelantikan Prabowo-Gibran pada 20 Oktober 2024.

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya," kata Abraham dalam keterangan resminya, Minggu 20 Oktober 2024.

Kepala BPKH Anggito Abimanyu mengikuti rapat dengan Komisi VIII DPR RI

Photo :
  • Screenshot Youtube DPR RI

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa menambahkan, Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental. 

"Dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di dalamnya. Seperti halnya kendaraan MV3 Maung, Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine," tambah Sigit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya