Anti Galbay! Ini 6 Cara Pinjam Dana Pinjol yang Aman dan Terpercaya

Ilustrasi pinjaman online
Sumber :
  • Neo Bank

Jakarta, VIVA – Mau pinjam dana dari layanan pinjaman online alias pinjol, tetapi takut gagal bayar (galbay)? Simak langkah-langkah menggunakan dana pinjol dengan bijak agar tidak terjadi galbay dan menghadapi risiko keuangan lainnya.

Butuh Dana Rp10 Juta dari Pinjol? Begini Cara Agar Cepat Cair

Sebagaimana diketahui, pinjaman online kini dianggap sebagai solusi cepat bagi banyak orang yang membutuhkan dana mendesak. Proses pengajuan yang mudah, membuat pinjol semakin digemari. 

Namun, mengajukan pinjaman tanpa memerhatikan aspek keamanan bisa membuat Anda terjebak dalam jeratan utang, bunga tinggi, atau berurusan dengan pinjol ilegal. Untuk menghindari hal tersebut, penting untuk memperhatikan langkah-langkah yang aman saat meminjam dana melalui aplikasi pinjol. 

8 Pinjaman selain Pinjol: Cara Lain Mendapatkan Dana Darurat untuk Hidup Lebih Aman

Berikut ini adalah beberapa cara agar Anda bisa meminjam dana pinjol dengan aman dan terhindar dari risiko gagal bayar.

6 Cara Pinjam Dana Pinjol yang Aman

5 Modus Penipuan Pinjol yang Wajib Anda Tahu

Ilustrasi Pinjaman Online

Photo :
  • freepik.com/tirachardz

1. Pilih Pinjol yang Terdaftar di OJK

Selalu pastikan aplikasi pinjaman yang Anda gunakan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pinjol yang legal dan diawasi OJK menawarkan perlindungan lebih terhadap data pribadi dan juga menerapkan aturan bunga yang lebih wajar.

2. Baca Syarat dan Ketentuan dengan Teliti

Sebelum mengajukan pinjaman, baca semua syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Hal ini penting agar Anda paham mengenai bunga, tenor, serta biaya tambahan yang mungkin dikenakan.

3. Hitung Kemampuan Membayar

Jangan meminjam lebih dari yang bisa Anda bayar. Buat perhitungan matang mengenai cicilan per bulan, sehingga tidak membebani keuangan Anda dan menghindari risiko gagal bayar.

4. Cek Reputasi Aplikasi Pinjol

Lakukan riset tentang reputasi aplikasi pinjol. Baca ulasan dari pengguna lain di Play Store atau App Store untuk memastikan bahwa layanan tersebut benar-benar aman dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

5. Hindari Pinjaman untuk Konsumtif

Gunakan dana pinjaman untuk kebutuhan produktif, seperti modal usaha atau keperluan mendesak. Hindari meminjam hanya untuk kepentingan konsumtif agar tidak terjebak utang yang tidak produktif.

6. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Disiplin membayar cicilan tepat waktu sangat penting. Selain untuk menjaga riwayat kredit yang baik, hal ini juga membantu Anda terhindar dari bunga dan denda yang semakin membengkak.

Itulah cara meminjam dana pinjol yang aman dan terpercaya, serta terhindar dari risiko gagal bayar di kemudian hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya