ASDP Perkuat Digitalisasi Lewat Ferizy untuk Hadapi Peak Season Natal dan Tahun Baru

Kapal ASDP.
Sumber :
  • Dokumentasi ASDP.

Jakarta, VIVA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi lonjakan penumpang selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, yang diprediksi berlangsung dari 15 Desember 2024 hingga 7 Januari 2025. Salah satunya adalah dengan optimalisasi layanan reservasi tiket ferry secara online melalui aplikasi Ferizy.

5 Tahun Genjot Transformasi Digital, ASDP Catat Peningkatan Layanan hingga Kinerja Keuangan

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menekankan pentingnya keberhasilan penerapan sistem online ticketing yang telah terbukti pada arus balik angkutan Lebaran sebelumnya, dengan lebih dari 98,2 persen pemudik tiba tepat waktu di Pelabuhan Bakauheni. 

"Kami mendorong masyarakat untuk membeli tiket secara online via Ferizy, minimal H-1 sebelum keberangkatan, serta tiba di pelabuhan sesuai jadwal yang tertera di tiket," kata Shelvy dalam keterangannya, Senin, 21 Oktober 2024.

Jelang Nataru, ASDP Dorong Masyarakat Gunakan Ferizy Cegah Antrean

Kapal ASDP Indonesia Ferry [dok. Humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero )]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Digitalisasi ini, menurutnya, membantu distribusi arus penumpang lebih merata dan mempercepat proses pelayanan, mengurangi antrean, serta memastikan pencatatan manifes yang lebih akurat. Tren peningkatan penggunaan aplikasi Ferizy juga menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya terhadap kemudahan dan keandalan platform pemesanan tiket via online berbasis aplikasi maupun website ini.

Cara ASDP Dukung Kesehatan Mental Karyawan BUMN

Sejak diluncurkan pada 2020, Ferizy telah mengalami pertumbuhan pengguna yang signifikan, mulai dari 438.105 pengguna di tahun pertama hingga mencapai lebih dari 2,5 juta pengguna hingga September 2024. Saat ini, layanan digital ASDP telah diterapkan di 47 pelabuhan di seluruh Indonesia, memungkinkan pengguna membeli tiket hingga H-60 sebelum keberangkatan.

ASDP juga menyediakan berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer bank hingga e-wallet seperti LinkAja, OVO, dan DANA, guna memberikan fleksibilitas bagi pengguna jasa.

Sementara itu, ASDP memperluas layanan e-ticketing di Cabang Surabaya, termasuk Pelabuhan Bawean, Paciran, dan Gresik, mulai 8 Oktober 2024. Melalui situs trip.ferizy.com, ASDP memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memesan tiket penyeberangan. 

"Dengan digitalisasi ini, pengguna jasa tidak perlu khawatir kehabisan tiket karena dapat memesan jauh hari sebelum keberangkatan. Ketika tiba di pelabuhan, pengguna yang telah memiliki tiket dipastikan bisa berangkat," ujarnya.

ASDP mengoperasikan 6 kapal di Surabaya, dengan total 9 lintasan, termasuk 3 lintasan perintis. Berdasarkan data periode 1 Januari hingga 31 Agustus 2024, lintasan Gresik-Bawean mencatat kenaikan jumlah penumpang sebesar 40 persen menjadi 20.167 orang, sementara kendaraan mengalami kenaikan 11 persen menjadi 2.758 unit.

Sementara di lintasan Kalianget-Kangean, jumlah penumpang tercatat mencapai 12.282 orang, dengan penurunan 12 persen pada kendaraan roda dua, dan peningkatan 24 persen untuk kendaraan roda empat. Jumlah truk logistik di lintasan ini juga naik 35 persen, mencapai 1.426 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya