Mendag Budi Santoso Beberkan Targetnya Dalam 100 Hari Kerja

Menteri Perdagangan Budi Santoso
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Menteri Perdagangan (MendagBudi Santoso membeberkan tiga target dalam 100 hari pertama masa kerjanya di kabinet Prabowo-Gibran. Salah satu fokus utamanya adalah penguatan pasar dalam negeri.

Sertijab dengan Zulhas, Budi Santoso Terharu Jadi Mendag Pertama yang Berasal dari Pegawai Kemendag

Budi mengatakan, dirinya akan memacu secara maksimal mungkin industri-industri yang ada di dalam negeri.

"Pertama adalah pengamanan pasar dalam negeri, jadi pasar dalam negeri itu kan besar jadi kita harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin diisi oleh industri-industri dalam negeri juga," ujar Budi usai melakukan serah terima jabatan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin, 21 September 2024.

Pejabat Karir di Kemendag, Intip Profil Budi Santoso yang Jadi Mendag Kabinet Merah Putih

Menteri Perdagangan Budi Santoso dan Zulkifli Hasan

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Kedua, lanjut Budi, dia akan melakukan perluasan ekspor. Hal ini tidak terlepas dengan sudah surplusnya neraca perdagangan Indonesia selama 53 bulan beruntun.

Ikut Gala Dinner dengan Prabowo di Istana Negara, Budi Santoso Mau Dijadikan Mendag?

"Ekspor kita kan dalam 53 bulan ini kan selalu surplus, kita harus meningkatkan itu ya. Jadi kita tingkatkan terus dengan cara memperluas pasar ekspor, kita punya banyak perwakilan di luar negeri ya, jadi harus membantu ekspor kita supaya bisa lebih luas lagi," jelasnya.

Lalu ketiga, Budi menjelaskan, dia akan memperluas akses UMKM ke pasar internasional. Sebab, saat ini rasio kewirausahaan Indonesia masih kecil hanya sebesar 3,47 persen, Sedangkan untuk menjadi negara maju rasio harus ada di 10-12 persen. 

"Nah, kami dari sektor perdagangan ingin menggencarkan UKM kita itu bisa ekspor. Nanti kita bikin program-program karena instrumen untuk tiga program tadi itu sebenarnya ada di Kemendag semua," imbuhnya.

Wakil Menteri Perdagangan, Dyah Roro Esti Widya Putri.

Jadi Pejabat Termuda di Kabinet Prabowo, Intip Rekam Jejak Wamendag Dyah Roro Esti Widya Putri

Presiden Prabowo Subianto resmi melantik Dyah Roro Esti Widya Putri sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2024