Pejabat Karir di Kemendag, Intip Profil Budi Santoso yang Jadi Mendag Kabinet Merah Putih

Mendag Budi Santoso.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemendag.

Jakarta, VIVA – Presiden Prabowo Subianto menunjuk Budi Santoso sebagai menteri perdagangan di Kabinet Merah Putih yang baru dibentuknya. Budi diketahui merupakan pejabat karir di Kementerian Perdagangan sejak lama.

Giring Jadi Wamen Kebudayaan Dampingi Fadli Zon

Lantas, bagaimana profil dan rekam jejaknya? Dikutip dari lama resmi Kemendag, Minggu, 20 Oktober 2024, Budi saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal sejak 14 Agustus 2024.

Dia menempuh pendidikan Komunikasi Massa di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, melanjutkan pendidikan Magister dalam Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pendidikan Doktor Ilmu Komunikasi di Universitas Sahid.

Komisaris PLN hingga Mantan Anak Buah Haji Isam, Dudy Purwagandhi Ditunjuk Prabowo Jadi Menhub

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia/Kemendag

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Sebelum penugasan sebagai sekjen, Budi menjabat beberapa posisi di lingkungan Kementerian Perdagangan. Dia pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Desember 2022 – Agustus 2024), Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei (September 2020 – Desember 2022) dan Kepala Biro Keuangan (Juni 2020 - September 2020).

Kadin Optimistis Prabowo Mampu Selesaikan Banyak PR Perekonomian Nasional

Pada tahun 2010, dia menduduki jabatan sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional kemudian dipromosikan menjadi Atase Perdagangan India. Sekembalinya dari India.

Gedung kementerian Perdagangan

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Setelah itu diangkat sebagai Kepala Bagian Program dan kerja sama pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional. Setelah pengangkatan ini, Budi menjabat di berbagai jabatan Eselon II di lingkungan Kementerian Perdagangan seperti Kepala Pusat Data dan Informasi (2017), Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi (2017), Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (2018).

Atas kesetiaan dan dedikasi Kemendag, Budi pun dianugerahi Penghargaan Presiden Satya Lancana Karya Satya X (tahun 2005), XX (tahun 2017), dan XXX (tahun 2024). Penghargaan ini merupakan salah satu penghargaan tertinggi di bidang Pemerintahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya