Pelantikan Prabowo-Gibran, Penumpang KRL Jabodetabek Capai 892.468 Orang

PT KAI Commuter melaporkan lonjakan penumpang ini, yang mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat untuk turut serta dalam pesta rakyat yang digelar di kawasan Sudirman, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Pada hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang Kereta Rangkaian Listrik (KRL) di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

Anies Ditraktir Cak Imin Usai Pelantikan Prabowo: Traktiran yang Udah Dapat Kerjaan Baru

PT KAI Commuter melaporkan lonjakan penumpang ini, yang mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat untuk turut serta dalam pesta rakyat yang digelar di kawasan Sudirman, Jakarta.

Hingga pukul 16.00 WIB, tercatat total volume penumpang Commuter Line Jabodetabek yang keluar-masuk di seluruh lintas mencapai 892.468 orang. 

Anak Buah Prabowo Klarifikasi Budi Gunawan Jadi Calon Menteri Bukan dari PDIP

Stasiun Sudirman, yang berada di pusat acara, mencatat penurunan dan peningkatan penumpang yang cukup signifikan, yaitu sebanyak 41.101 orang turun dan 27.050 orang yang naik dari stasiun tersebut.

KRL Manggarai

Photo :
  • Twitter/Argo_Gede
Putri Zulkifli Hasan Yakin Dipimpin Prabowo-Gibran Indonesia Bakal Lebih Maju

Selain Stasiun Sudirman, beberapa stasiun lainnya juga mencatat volume penumpang yang meningkat selama berlangsungnya acara pelantikan. 

Stasiun BNI City, yang berlokasi tidak jauh dari Sudirman, melaporkan sebanyak 3.554 orang yang naik dan 4.592 orang yang turun di stasiun tersebut. Sedangkan di Stasiun Karet, tercatat ada 2.138 orang yang naik dan 3.949 orang yang turun.

Melihat volume penumpang yang semakin meningkat, PT KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk mempertimbangkan stasiun alternatif seperti Stasiun BNI City dan Stasiun Karet jika hendak berangkat atau turun di area Sudirman. 

“Kami menyarankan agar penumpang menggunakan Stasiun BNI City atau Karet sebagai alternatif untuk menghindari kepadatan di Stasiun Sudirman,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, dalam keterangan resminya pada Minggu 20 Oktober 2024. 

Joni juga menambahkan bahwa jumlah penumpang kemungkinan akan terus bertambah seiring dengan berakhirnya pesta rakyat, ketika masyarakat mulai meninggalkan lokasi acara. 

“Jumlah penumpang diprediksi akan meningkat lagi ketika masyarakat mulai kembali usai merayakan acara di sekitar Jalan Sudirman,” lanjutnya.

Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, PT KAI Commuter siap memberlakukan sistem penyekatan di stasiun-stasiun yang mulai dipadati penumpang. 

“Kami akan memberlakukan penyekatan menuju peron jika kondisi peron sudah penuh untuk memastikan keselamatan penumpang,” tegas Joni.

Antrean penumpang KRL di Stasiun Bekasi, akibat sistem pembaharuan tiket KRL.

Photo :
  • Deni/ Bekasi

Selain itu, PT KAI Commuter juga terus mengingatkan para pengguna KRL untuk selalu mengutamakan keselamatan dan mengikuti arahan dari petugas di stasiun. 

“Bagi para penumpang yang membawa anak, kami sangat menyarankan agar anak-anak selalu dalam pengawasan selama perjalanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tutup Joni.

Dengan adanya antisipasi ini, diharapkan penumpang KRL dapat menikmati perjalanan dengan lebih aman dan nyaman, meskipun terjadi peningkatan jumlah pengguna yang signifikan selama hari pelantikan. 

PT KAI Commuter terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik serta menjaga keselamatan setiap pengguna KRL di wilayah Jabodetabek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya