Prabowo Optimis Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia Paling Cepat 4 Tahun Lagi

Pidato Presiden Prabowo Subianto di Pelantikan Presiden
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Presiden RI Prabowo Subianto optimis bangsa Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan atau kemandirian dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakatnya dalam waktu paling lambat 5 tahun ke depan. Keyakinan itu, kata Prabowo, karena dirinya telah berdiskusi dengan para pakar terkait.

Prabowo Pilih Jalan Bersahabat ke Semua Negara: Kita Anti Rasialisme, Kita Anti Apartheid!

"Saya yakin paling lambat 4-5 tahun, kita akan swasembada pangan, bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia," kata Prabowo saat berpidato dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024–2029 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. 

Karena itu, lanjut Prabowo, swasembada pangan harus diwujudkan guna cegah ketergantungan pada bahan pangan negara-negara lain. Pada masa krisis, Prabowo mengatakan tidak ada negara yang bersedia menjual bahan-bahan pangan mereka.

Singgung Korupsi, Prabowo: Semua Pejabat Harus Bersih!

Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau lokasi lumbung pangan nasional (food estate) di Kalimantan Tengah. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden

"Kita tidak boleh tergantung pada sumber makanan dari luar. Dalam krisis, dalam keadaan genting, tidak ada yang akan mengizinkan barang-barang mereka untuk kita beli. Oleh karena itu, tidak ada jalan lain, dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, kita harus mencapai ketahanan pangan," kata Presiden Prabowo. 

RI Jadi Negara G20 hingga Masuk Ekonomi Terbesar Dunia, Prabowo: Jangan Terlalu Senang Liat Angka

Diketahui, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024–2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Sebanyak 709 dari total 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Presiden RI Prabowo Subianto

Prabowo Ucapkan Terima Kasih kepada Kepala Negara yang Hadir di Pelantikan Dirinya Jadi Presiden

Presiden Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih pada kepala negara sahabat yang menghadiri pelantikan Presiden RI.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2024