Dongkrak Kompetensi Tenaga Kerja, IDSurvey Gelar Program Sertifikasi Juru Las

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), lead Holding BUMN Jasa Survei. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Dok. PT BKI

Jakarta, VIVA - Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey, menggelar program sertifikasi juru las. Kegiatan pembukaan seremonial yang dilaksanakan di PT Bahtera Bahari Shipyard, Batam.

Syarat Mencairkan Dana JKP Usai Terkena PHK, Simak Cara Klaimnya

Direktur Hubungan Kelembagaan PT BKI (Persero) selaku lead IDSurvey, Andry Tanudjaja mengatakan, program sertifikasi juru las ini merupakan dukungan PT BKI, untuk tenaga kerja terlatih (juru las) yang berada di Batam.

"Sebanyak 90 orang tenaga kerja dari berbagai perusahaan akan mengikuti kegiatan sertifikasi ini," kata Andry dalam keterangannya, Kamis, 17 Oktober 2024.

Terapkan Prinsip Keberlanjutan, IDSurvey Gandeng UI Garap Proyek Arboretum

Direktur Hubungan Kelembagaan IDSurvey, Andry Tanudjaja.

Photo :
  • Dok. BKI

Dia juga menekankan pentingnya sertifikasi bagi tenaga kerja terlatih, khususnya juru las, agar kompetensinya dapat diakui secara nasional serta dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia.

Migrant Watch Dukung Prabowo Bentuk Kementerian Pelindungan Pekerja Migran

"Sertifikasi ini dilaksanakan selama 3 hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ujarnya.

Andry pun menjelaskan tahapan dalam proses sertifikasi ini yang dimulai dari proses seleksi peserta yang dipilih berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Kemudian dilanjutkan uji kompetensi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, dan didampingi secara langsung oleh surveyor.

"Setelah itu, hasil test piece akan di uji lab untuk menentukan hasil uji kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditentukan," kata Andry.

Melalui kegiatan ini, IDSurvey berharap tenaga kerja terlatih yang telah tersertifikasi dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuannya, untuk dapat menjadi welder kompeten dan profesional.

Selain itu, program ini juga turut berkontribusi pada peningkatan kualitas produksi galangan kapal, yang merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan industri maritim. 

"Sertifikasi juru las ini diharapkan dapat mendorong terciptanya tenaga ahli yang berkualitas di sektor maritim, sekaligus meningkatkan standar kualitas dalam industri perkapalan nasional," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya