Survei BI Ungkap Kegiatan Dunia Usaha Terjaga di Kuartal III-2024

Ilustrasi Perusahaan
Sumber :
  • pexels.com/Pixabay

Jakarta, VIVA – Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Bank Indonesia (BI) mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha tetap terjaga pada kuartal III-2024. Hal ini tecermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 14,40 persen.

Elektabilitas Egi-Syaiful Tinggi Dinilai sebagai Cerminan Keinginan Warga di Lamsel

Kepala Departemen Komunikasi BI, Ramdan Denny Prakoso mengatakan, kinerja seluruh Lapangan Usaha (LU) terindikasi tumbuh positif dengan peningkatan terutama bersumber dari LU Pertambangan dan Penggalian, LU Konstruksi, serta LU Informasi dan Komunikasi sejalan dengan berlanjutnya aktivitas proyek bangunan dan permintaan yang terjaga.

"Kinerja kegiatan dunia usaha tetap terjaga pada kuartal III-2024. Hal ini tecermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 14,40 persen," ujar Denny dalam keterangan resmi, Kamis, 17 Oktober 2024.

Survei Median: Elektabilitas 3 Paslon di Pilkada Bandung Barat Bersaing Ketat

Gedung Bank Indonesia.

Photo :
  • Dok. VIVA.co.id

Denny menuturkan, kapasitas produksi terpakai pada kuartal III-2024 tetap terjaga pada level 73,13 persen. Hal ini terutama ditopang oleh beberapa LU yang terindikasi meningkat, yaitu LU Pertambangan dan Penggalian serta LU Pengadaan Listrik sejalan dengan peningkatan kegiatan usahanya. 

Gubernur BI Buka Peluang Turunkan Suku Bunga Acuan

Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha secara umum juga tetap dalam kondisi baik, khususnya pada aspek Likuiditas dan Rentabilitas, dengan akses kredit yang lebih mudah.

Di samping itu, responden memprakirakan kegiatan usaha pada kuartal IV-2024 tetap tumbuh positif dengan SBT sebesar 13,42 persen. 

"Kegiatan usaha pada sebagian besar LU diprakirakan tetap tumbuh, antara lain LU Transportasi dan Pergudangan serta LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sejalan dengan peningkatan aktivitas saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru," imbuhnya.

QRIS

Transaksi QRIS Tumbuh Melesat 209,61 Persen, ATM Turun 8,59 Persen

Bank Indonesia (BI) mencatat, transaksi pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tumbuh pesat mencapai 209,61 persen year on year (yoy).

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2024