Kembangkan Modul Klaim Digital, PIS Raih LoI Perusahaan Software Maritim AS

[dok. Humas PT Pertamina International Shipping]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT Pertamina International Shipping (PIS) menggenjot upaya transformasi digital guna mendongkrak opersional bisnis. Upaya itu pun mendapatkan pengakuan global dalam mengembangkan sistem modul klaim dalam operasional kapal.

PNM Fasilitasi Pertukaran Ilmu Global: Ulas Social Re-Engineering dan Transformasi Digital

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PIS, Surya Tri Harto menjelaskan, sistem modul klaim kapal yang dikembangkan oleh tim digital PIS, sudah teruji bisa membuat operasional kapal lebih transparan sehingga elemen biaya operasional bisa lebih terpantau.

"Keunggulan sistem klaim ini membuat posisi PIS sebagai pemimpin dalam digitalisasi industri perkapalan di Asia Tenggara, melalui pengembangan produk digital yang kompleks secara internal, khususnya modul klaim," kata Surya dalam keterangannya, Selasa, 15 Oktober 2024.

Perluas Peluang Investasi, TRIV Listing 300+ Koin Baru

Kesuksesan model klaim digital ini, bahkan diakui oleh Veson Nautical LLC, yang merupakaan perusahaan perangkat lunak maritim terkemuka dari Amerika Serikat. Bahkan, Veson bahkan kini tertarik untuk berkolaborasi bersama PIS. 

Pertamina International Shipping (PIS) di Gastech 2024.

Photo :
  • Dok. PIS
bank bjb Siapkan Program Menabung dan Diskon untuk Dapatkan Tiket The Papandayan Jazz Fest 2024

PIS bahkan resmi menerima Letter of Intent (LOI) dari Veson Nautical LLC, dimana isinya menyatakan ketertarikan Veson untuk bekerja sama dengan PIS dalam pengembangan modul klaim yang sebelumnya telah digagas oleh PIS. Penyerahan LOI ini menandai langkah penting dalam kolaborasi antara kedua perusahaan, untuk mengembangkan modul klaim dalam sistem IMOS milik Veson yang banyak digunakan oleh pelaku industri perkapalan dunia.

"Kolaborasi dengan Veson diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional maritim Pertamina, melalui platform dan solusi data canggih yang ditawarkan oleh Veson," ujar Surya.

Dia menegaskan, pengembangan modul klaim ini sendiri sangat penting, karena dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pemulihan biaya (cost recovery) bagi perusahaan. Penyerahan dokumen kesiapan bekerja sama ini dilakukan di kantor PIS Asia Pacific yang berada di Singapura.

Pertamina International Shiping [dok. Pertamina International Shipping]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

"Pernyataan minat kolaborasi dari Veson ini menjadi simbol komitmen kedua perusahaan untuk mencapai tujuan bersama dalam inovasi digital. Kolaborasi ini mencerminkan visi PIS untuk memimpin transformasi digital di sektor perkapalan, serta memperkuat komitmen Veson untuk meningkatkan efisiensi operasional mitra mereka di seluruh dunia," ujarnya.

Senada, Direktur Komersial Veson Nautical LLC, Russ Hubbard mengatakan, PIS yang sebelumnya telah menggunakan platform Veson sesuai dengan standar IMO, telah membuktikan keunggulannya dalam pengembangan teknologi digital untuk operasional kapal PIS. 

"PIS tampak telah meningkatkan kapabilitas digitalnya untuk mengelola kegiatan operasional kemaritiman yang semakin beragam. Untuk itu, sejalan dengan target jangka panjang transformasi digital, kami tertarik untuk mengeksplorasi potensi kerja sama ke depan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya