Bank Digital yang Tawarkan Fitur Menabung Otomatis, Solusi Biar Hemat

Ilustrasi anak menabung.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

Jakarta, VIVA – Bank digital kini terus berkembang dengan beragam inovasi untuk memudahkan nasabahnya, salah satunya adalah Bank Saqu yang belum lama ini meluncurkan fitur menabung otomatis bernama Tabungmatic. Inovasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia kembali membiasakan diri menabung, dengan cara yang praktis dan otomatis. Bekerja sama dengan Big Alpha, sebuah platform yang menyediakan informasi finansial berbasis data, Bank Saqu berupaya memperkenalkan kembali budaya menabung.

BPR Harus di Bawah Koordinasi BPD, OJK Ungkap Alasan Utamanya

Fenomena "dissaving" atau kesulitan masyarakat dalam menabung menjadi salah satu perhatian utamanya. Banyak orang yang justru menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan yang mereka hasilkan, bahkan sampai menggunakan tabungan atau utang untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Bank Saqu

Photo :
  • Bank Saqu
OJK Resmi Larang BPR Dimiliki Kepala Daerah, Ini Alasannya

Berdasarkan survei Bank Indonesia yang dilansir dari laman resmi Bank Saqu, rasio tabungan masyarakat terhadap pendapatan mengalami penurunan yang signifikan, dari 19,8% sebelum pandemi di November 2019, menjadi hanya 15,4% pada November 2023. Kondisi ekonomi yang semakin sulit membuat banyak orang harus mengurangi jumlah tabungannya.

Melalui fitur Tabungmatic, Bank Saqu berusaha memberikan solusi praktis bagi nasabah untuk menabung secara otomatis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan uang dari setiap transaksi yang dilakukan menggunakan QRIS di aplikasi Bank Saqu. Uang kembalian dari transaksi tersebut akan langsung dimasukkan ke dalam tabungan bernama Saku Booster, dengan tambahan insentif sebesar 10% per tahun, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Karyawati Bank BUMN di Soppeng Bobol Uang Nasabah Rp300 Juta

Ilustrasi menyisihakan uang untuk menabung dan dana darurat

Photo :
  • freepik.com/freepik

Fitur ini bertujuan untuk mengubah kebiasaan masyarakat dalam menabung. Dengan adanya fitur otomatis ini, nasabah dapat lebih mudah dan menyenangkan dalam mengelola keuangannya. Adopsi terhadap fitur ini telah menunjukkan hasil yang sangat baik, di mana kebiasaan menabung nasabah Bank Saqu meningkat hingga tiga kali lipat.

Untuk menggunakan fitur Tabungmatic, nasabah hanya perlu mengaktifkannya di aplikasi Bank Saqu. Setelah diaktifkan, nasabah bisa memilih nilai pembulatan transaksi yang diinginkan, mulai dari Rp5.000, Rp10.000, hingga Rp50.000. Dengan semakin sering bertransaksi menggunakan QRIS, nasabah akan secara otomatis menabung dan meningkatkan saldo mereka di Saku Booster.

Ilustrasi menggunakan kartu kredit BRI

10 Trik Aman Pakai Kartu Kredit Tanpa Khawatir Tagihan Membengkak

Ada beberapa trik aman dan efektif supaya kamu bisa memanfaatkan kartu kredit tanpa stres berlebihan dan tetap menjaga keuangan tetap sehat!, Mari kita simak urutannya.

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2024