FinExpo 2024, BNI Tegaskan Dukung OJK Dongkrak Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat
- Dokumentasi BNI.
Jakarta, VIVA – PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) menegaskan komitmenya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Financial Expo (FinExpo) 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur.
Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom di Jakarta, Sabtu, 12 Oktober 2024 mengungkapkan, akses keuangan merupakan hak semua orang dan berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan.
“BNI hadir untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat, mulai dari kepemilikan rekening hingga produk pembiayaan, asuransi, investasi dan program pensiun,” ujar Mucharom dikutip dari keterangannya.
Diketahui, FinExpo 2024 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang diinisiasi oleh OJK. Acara ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan keuangan serta mempercepat peningkatan jumlah rekening dan penggunaan produk serta layanan jasa keuangan.
Selain memperkenalkan layanan keuangan konvensional, BNI juga mendorong masyarakat untuk lebih aktif melakukan transaksi digital melalui platform QRIS dan wondr by BNI. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang layanan digital ini, BNI berharap semakin banyak nasabah yang beralih ke produk digital dan memanfaatkan berbagai fitur serta keuntungannya.
"FinExpo 2024 juga berperan penting dalam mempersempit kesenjangan akses keuangan, dengan target utama mengurangi jumlah masyarakat yang belum memiliki akses ke layanan perbankan (unbanked)," kata Mucharom.
Sebagai bagian dari rangkaian acara Fin Expo 2024, BNI bersama dengan Bank Indonesia (BI), OJK, Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberikan edukasi keuangan, termasuk kepada mahasiswa di sekitar Balikpapan, melalui kegiatan bertema ‘GENCARKAN Investasi Bagi Generasi Muda Menuju Indonesia Maju’.
Kegiatan edukasi ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan generasi muda. Dengan literasi yang lebih baik, masyarakat diharapkan dapat mengambil keputusan finansial yang tepat dan terhindar dari potensi kejahatan keuangan.
“BNI terus melakukan inovasi produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” tutup Mucharom.