Golo Mori NTT Jadi Destinasi MICE di Indonesia Timur, Begini Cara ITDC Tingkatkan Kualitas SDM Lokal
- VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Jakarta, VIVA – Anggota Holding InJourney yakni PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), tengah memperkuat kelengkapan aspek pendukung pariwisata di Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
Tujuannya demi menjadikan Golo Mori sebagai destinasi unggulan untuk sektor Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE), di wilayah Indonesia Timur.
Salah satu upaya yang dilakukan ITDC adalah dengan menggelar pelatihan hospitality batch I bertema "Embracing Excellence: Elevating Hospitality Experience – Integrasi Budaya dan Keunggulan dalam Hospitality", di SMK Muhammadiyah Golo Mori dari tanggal 7-11 Oktober 2024. Kegiatan itu diikuti oleh 40 orang peserta, yang terdiri dari warga Desa Golo Mori dan siswa SMK Muhammadiyah Golo Mori.
"Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan dasar di industri perhotelan, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pariwisata di kawasan The Golo Mori," General Manager The Golo Mori, Wahyuaji Munarwiyanto, dalam keterangannya, Jumat, 11 Oktober 2024.
Dengan adanya pelatihan ini, Dia berharap para peserta dapat berperan aktif dalam peningkatan daya saing destinasi wisata, khususnya dalam penyelenggaraan event berskala nasional dan internasional. Aji mengaku, pihaknya sangat antusias dengan pelaksanaan pelatihan hospitality ini, sebagai salah satu langkah penting dalam pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal untuk mendukung operasional Golo Mori Convention Center (GMCC).
"Kami berharap melalui program ini, masyarakat Desa Golo Mori khususnya para peserta pelatihan, dapat menguasai keterampilan dasar dalam industri hospitality. Sehingga mereka dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi langsung dalam mewujudkan GMCC sebagai destinasi MICE unggulan di Indonesia Timur," ujar Aji.
Melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan di sektor perhotelan tersebut, diharapkan para peserta dapat turut berkontribusi dalam memberikan layanan berkualitas tinggi, sekaligus memperkuat daya saing The Golo Mori di kancah nasional dan internasional.
"Langkah ini menjadi bagian penting dari strategi jangka panjang ITDC dalam membangun ekosistem pariwisata berkelanjutan di wilayah Indonesia Timur," ujarnya.
Diketahui, program pelatihan ini dirancang secara komprehensif, terdiri dari sesi teori dan praktik yang mencakup berbagai topik penting dalam industri hospitality. Misalnya seperti pengenalan praktik hospitality, tata cara pelayanan tamu, grooming dan personal hygiene, etika dan tata krama, manajemen operasional restoran, penggunaan peralatan makan, dan housekeeping, serta dasar-dasar operasional dapur.
Selain itu, peserta juga diberikan pengetahuan praktis mengenai table setting dan layanan makanan, serta peran dan tanggung jawab sebagai steward.
Sebagai bagian dari upaya pengembangan Golo Mori Convention Center (GMCC) menjadi pusat kegiatan MICE yang unggul, ITDC menyadari pentingnya peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang hospitality. Untuk itu, ITDC pun mengadakan pelatihan yang ditujukan kepada masyarakat setempat agar mampu berkontribusi dalam operasional GMCC.