Jokowi Pastikan Tak Ada Groundbreaking di IKN

Pesawat Rombongan Presiden Jokowi Mendarat Perdana di Bandara VVIP IKN
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama dalam kunjungan kerjanya ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat, 11 Oktober 2024.

Layanan Haji Sangat Memuaskan, Menag Yaqut: Diplomasi Baik Presiden Jokowi dan Raja Salman

Jokowi mengatakan, dalam kunjungannya ke IKN akan melakukan peresmian rumah sakit swasta hasil groundbreaking sebelumnya. Kemudian, dilanjutkan dengan acara CEO Forum.

"Ada peresmian rumah sakit, yang ketemu dengan para CEO. (Groundbreaking) enggak ada, enggak ada," ujar Jokowi di Hotel Kempinski, Jakarta, pada Kamis, 10 Oktober 2024. 

Dampingi Jokowi Sejak 2012, Heru Budi: Kunker Terus

Presiden Jokowi Meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan IKN Nusantara

Photo :
  • Tangkapan Youtube Sekretariat Presiden

Di samping itu, kata Jokowi, kemungkinan akan meresmikan bangunan Istana Kepresidenan di IKN. "Mungkin (peresmian Istana Negara)," katanya.

Istana Tegaskan Jokowi Tak Cuci Tangan soal Nasib IKN

Sebelumnya, Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan bahwa Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur. Rencananya, peresmian dilakukan pada 11 Oktober 2024 mendatang.

"Tanggal 11 ini. Kayaknya ada beberapa peresmian, termasuk Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 9 Oktober 2024. 

Ari mengatakan, pembangunan IKN dipastikan berlanjut pada Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk periode 2024-2029 mendatang. Prabowo juga beberapa kali menekankan soal keberlanjutan pembangunan tersebut.

"Tetap berlanjut. Itu sudah ditegaskan berulang kali, terutama oleh Pak Presiden terpilih, di IKN sendiri menyampaikan berulang kali, sangat tegas bahwa ini akan melanjutkan," katanya.

Pesawat Kepresidenan Uji Coba di Bandara Nusantara VVIP IKN

Pesawat Kepresidenan Jokowi Uji Coba Mendarat di Bandara Nusantara

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Istana Presiden, Yusuf Permana mengatakan Pesawat Kepresidenan RJ85 telah uji coba mendarat di Bandara Nusantara yang sebelumnya B

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2024