ASEAN BIS 2024 Laos, Anindya Bakrie Beberkan 6 Prioritas Hadapi Multikrisis Global

[dok. Ketua Umum Kadin Indonesia saat berpidato di ASEAN Business and Investment Summit (BIS) 2024, Landmark Mekong Riverside, Vientiane, Laos, Kamis, 10 Oktober 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA –  Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Bakrie, berbicara sebagai keynote speaker dalam ASEAN Business and Investment Summit (BIS) 2024, yang digelar di Landmark Mekong Riverside, Vientiane, Laos, Kamis, 10 Oktober 2024.

Apa Itu Hilirisasi? Pengertian dan Apa Saja Contohnya di Indonesia?

Dalam pidatonya, Anindya yang juga hadir mewakili Indonesia sebagai Ketua APEC-Business Advisory Council (BAC) sekaligus sebagai Ketua ASEAN-BAC itu, menekankan enam prioritas ASEAN dalam menghadapi multikrisis global dengan sejumlah target pertumbuhan ekonomi.

"Yakni transformasi digital untuk memberdayakan UMKM, pembangunan berkelanjutan melalui akses energi bersih yang merata, dan ketahanan layanan kesehatan dengan pasar layanan kesehatan ASEAN yang terpadu," kata Anindya dalam ASEAN Business and Investment Summit (BIS) 2024, Landmark Mekong Riverside, Vientiane, Laos, Kamis, 10 Oktober 2024.

Menlu Retno Sebut Situasi Politik Tak Stabil di Myanmar Picu Aktivitas Kriminal Lintas Negara

Ketua Kadin Indonesia Anindya Bakrie.

Photo :
  • Istimewa.

Selain itu, ada juga tujuan memperkuat ketahanan pangan melalui pertanian berkelanjutan, dan memfasilitasi perdagangan dan investasi dengan mengurangi faktor hambatan.

Kemnaker Dukung Kompetensi Tenaga Kerja di Selekda WA ASEAN Competition

"Serta meningkatkan konektivitas antar-negara ASEAN ke posisi Laos, sebagai pusat regional yang vital bagi pertumbuhan ekonomi ASEAN," ujarnya.

Diketahui, turut mendampingi Anindya Bakrie dalam ASEAN BIS 2024 adalah Bernardino Moningka Vega sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia 2024-2029 Bidang Perdagangan Internasional, sekaligus sebagai ASEAN BAC Indonesia Alternate Chair.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Anindya Bakrie, saat ditemui di acara Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu, 9 Oktober 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Anindya dan Bernardino telah ditunjuk untuk mewakili Indonesia dalam ASEAN-BAC 2024, oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melalui surat bernomor 588/M-DAG/SD/10/2024 dan ditandatangani Zulkifli Hasan pada 4 Oktober 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya