Anak Usaha Rukun Raharja Garap Proyek Pipa BBM di Kaltim Senilai Rp 3 Triliun

Operasional kerja Rukun Raharja
Sumber :
  • Dokumentasi Rukun Raharja.

Jakarta, VIVA – PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), mengumumkan bahwa anak perusahaannya, PT Pertrotech Penta Nusa (PETRO), bersama konsorsium PT Citra Panji Manunggal (CPM) dan PT Bakrie Pipe Industries (BPI), telah secara resmi menandatangani Perjanjian Penyediaan Jasa Pipanisasi BBM Tanjung Batu – Samarinda dengan PT Pertamina Patra Niaga pada tanggal 4 Oktober 2024.

Pertamina Patra Niaga Buktikan Komitmen Penerapan Aspek Keselamatan Kerja

Kerja sama itu pun telah diumumkan melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Proyek strategis ini mencakup pembangunan jaringan pipa Bahan Bakar Minyak (BBM) baru sepanjang 120 kilometer yang menghubungkan TBBM Tanjung Batu (Balikpapan) ke TBBM  Samarinda dan TBBM Palaran di Kalimantan Timur.

Direktur Utama PT Rukun Raharja Tbk Djauhar Maulidi menyatakan, pencapaian ini merupakan salah satu tonggak penting bagi RAJA dalam memperluas portofolio bisnis infrastruktur energi di Indonesia. Sekaligus menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan sektor energi nasional.

PIS Gandeng KLHK, Perkuat Komitmen Bisnis Berkelanjutan

“Ekspansi jaringan pipa BBM ini sejalan dengan strategi jangka panjang kami untuk memperkuat kemampuan distribusi energi di wilayah-wilayah strategis. Ini adalah bukti komitmen kami terhadap pertumbuhan berkelanjutan dan peningkatan kehadiran kami pada infrastruktur migas,”ujar Djauhar dikutip dari keterangannya, Rabu, 9 Oktober 2024.

Rukun Raharja.

Photo :
  • Dokumentasi Rukun Raharja.
Dedieselisasi dan Inovasi Transisi Energi PLN Indonesia Power Diakui Dunia

Kami percaya bahwa proyek ini akan memainkan peran penting dalam menjaga keamanan energi nasional serta mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kalimantan Timur,” tambahnya.

Proyek ini diperkirakan bernilai Rp 3 triliun dan dijadwalkan memulai konstruksi pada Kuartal IV 2024. Target operasi komersial (Commercial Operation Date/COD) diharapkan tercapai pada Kuartal IV-2026. Dalam pembangunannya Perseroan akan menginvestasikan Rp 980 Milliar dan setelah rampung, diproyeksikan akan menghasilkan pendapatan tahunan sebesar Rp 225 miliar dan memberikan kontribusi EBITDA sebesar Rp 200 miliar per tahun.

Pabrik PT Bakrie Pipe Industries

Photo :
  • antarafoto.com

Selain memperkuat infrastruktur energi nasional, proyek ini juga mendukung komitmen Perseroan terhadap prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Pembangunan proyek ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan di sekitar wilayah pembangunan pipa.

“Perseroan berkomitmen untuk mengoptimalkan industri midstream dan downstream, memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai dengan standar keberlanjutan yang ketat,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya